Hadiri HAB ke-78 Kemenag, Dandim 0319 Mentawai : Pentingnya Kebersamaan dan Kerukunan Umat

INFO|MENTAWAI –  Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-78, Kemenag Mentawai menggelar apel serta exspos kerukunan dan mordenisasi beragama di pimpin PJ Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak di halaman Kantor Kemenag Mentawai, Rabu (3/1/2024).


Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 tahun 2024 ini mengusung tema ” Indonesia hebat bersama umat. Kegiatan tersebut di hadiri, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon, Kapolres Mentawai, AKBP Fahmi Reza, Kakan kemenag, Masdan, Kakan Sar Mentawai, Rudi dan Tokoh lintas agama.


Pj. Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak saat bacakan amanat Menteri Agama menyampaikan, bahwa peringatan hari amal bakti ke-78 ini terus beupaya memberikan layanan yang adil transparan dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.


Selain itu membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama serta meningkatkan kinerja ASN kementerian agama.


Dalam hal ini komitmen Kementerian Agama terus bergerak maju dengan prinsip kebersamaan, kebijaksanaan, dan spiritualitas, sembari tidak melupakan akar budaya dan nilai-nilai yang telah menjadi landasan bagi bangsa.


Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon menuturkan, peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kemenag RI ini pentingnya kebersamaan dan kerukunan umat dalam menyongsong Indonesia emas 2045.


Nah, melalui rangkaian kegiatan HAB ini, Dandim mengajak untuk memperkuat solidaritas dan kerukunan, menjadikan momen HAB ke-78 sebagai panggung untuk memupuk kesatuan di kepulauan mentawai yang lebih baik.


Sementara exspos kerukunan dan mordenisasi beragama yang dibacakan Kakan Kemenag Mentawai, Masdan memaparkan, bahwa presentase umat beragama sebanyak 90.000 umat, data rumah ibadah, SDM (keadaan kepegawaian), Tenaga kependidikan.


Selanjutnya, Struktur organisasi kantor kementerian agama, Organisasi keagamaan, FKUB (Forum kerukunan umat beragama), penyuluh agama, Haji, Pelayanan nikah satu atap, meningkatkan hubungan antar instansi Forkopimda, Meningkatkan kordinasi (BAKORPAKEM) terakhir melaksanakan sidang itsbat nikah sebanyak 760 pasangan, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment