90 CPNS di Lantik Jadi ASN, PJ Bupati Mentawai : Bekerjalah Sepenuh Hati Dalam Melayani Masyarakat

INFO|MENTAWAISebanyak 90 CPNS formasi tahun 2021 yang terdiri dari golongan II dan III terima SK 100 persen. SK itu di serahkan PJ Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak sekaligus  pengambilan sumpah bertempat di Aula Bappeda Mentawai, Jumat (26/1/2024).


Dia menyampaikan, bahwa jumlah PNS di Indonesia saat sekarang ini sebanyak 4.280.000, itu data BKN terakhir tahun 2023. Kalau untuk di Mentawai ada 2.874 PNS.


Nah, bagi CPNS yang dilantik menjadi PNS hari ini harus bangga dan patut berbahagia, karena bahwasannya BKN mencatat ada 1,7 juta peserta yang mengikuti tes CPNS tahun 2021. Dari situ yang lulus hanya seratus dua belas ribu sekian artinya tidak sampai 10 persen.


Sementara di Mentawai bahwa formasi yang mengikuti tes CPNS tahun 2021 itu sebanyak 970 orang dan yang lulus hanya 90 orang. Nah betapa luar biasa perjuangan atas keberhasilan yang raih dan patut di syukuri.


“Mensyukuri keberhasilan ini dengan memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara khususnya kabupaten kepulauan Mentawai” sebutnya.


Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, apa yang menjadi bekal menjadi CPNS ada namanya cover you ASN yang di singkat berakhlak dan mereview kembali apa makna berakhlak yaitu berorientasi pelayanan.


“Saya menghimbau kepada seluruh ASN termasuk yang barusan dilantik jadi ASN untuk memberikan pelayanan terbaik dengan sepenuh hati melayani, memperbaiki mutu pelayanan kita serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang kita layani. Ini sudah menjadi tugas pokok kita sebagai abdi kepada masyarakat” sebutnya.


Berikutnya akuntabel, hal ini sering di langgar, nah bagaimana akuntabel itu harus jujur melaksanakan tugas sesuai dengan aturan, yang terpenting itu melaksanakan wewenang dengan tujuan konstruktif bukan destruktif. 


Dalam hal ini banyak wewenang di gunakan yang negatif hanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan kepentingan kelompoknya sendiri. Nah ini perlu adanya akuntabilitas, selain melayani PNS juga dituntut untuk bisa akuntabel.


Dia menyebut setiap ASN bagaimana bisa meningkatkan kompetensinya, dimana sekarang harus banyak yang harus di upgrade melalui teknologi dan harus bisa di ikuti serta berinovasi sekaligus banyak belajar.


Disisi lain ASN juga mampu menciptakan keharmonisan dalam suasana kerja yang sejuk, bisa menyesuaikan lingkungan, saling menghormati satu sama lain, karena harmonisasi ini sangat penting di terapkan dalam suasana kerja serta bisa bekerjasama, pungkasnya, (Ers) 


Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment