Sertijab Kalapas II B Payakumbuh Resmi Miliki Nahkoda Baru

INFO|PayakumbuhKepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Payakumbuh Tanjung Pati berganti dari Muhammad Kameily kepada Azhar. Sertijab di gelar di lapas kelas II B Tanjung Pati, Selasa (31/10/2023).


Selain itu, Kameily yang pindah ke  Lapas Kelas II B Tabanan Bali juga menyerahkan jabatan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Batusangkar kepada Elfiandi. Sebelumnya Kameily juga menjabat sebagai Kepala Rutan Batusangkar.


Kegiatan sertijab itu dihadiri Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, M. Ali Syahbana, Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten 3, Ifon Satria, Bupati Kabupaten Tanah Datar yang juga diwakili Staf ahli, Kajari Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, Kepala BNNK Payakumbuh serts sejumlah Kepala OPD. 


Proses Serah Terima Jabatan dan memori jabatan serta penandatanganan berita acara dari pejabat lama kepada pejabat baru disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat yang diwakili Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, M. Ali Syahbana.


Muhammad Kameily saat memberikan sambutan usai prosesi Serahterima Jabatan menyampaikan rasa terima kasih kepada banyak pihak di Kota Payakumbuh yang mendukung dan memberikan kerjasama dalam menjalankan tugas.


“Terima kasih kepada semuanya atas kerjasama dan dukungan yang diberikan kepada kami selama menjalankan tugas sebagai Kalapas Kelas II B Payakumbuh yang sekarang berganti nama dengan Lapas Kelas II B Tanjung Pati, terima kasih juga kepada banyak pihak di Kabupaten Tanah Datar yang juga memberikan dukungan terhadap kami sebagai Kepala Rutan Batusangkar, terima kasih juga untuk sahabat media di Payakumbuh,” ucapnya.


Khameily yang mengawali tugas pada Januari 2020 di Payakumbuh itu, juga mengapresiasi dukungan dari pegawai Lapas yang selalu menunjukkan kinerja untuk Lapas yang lebih baik dalam memberikan pelayanan. Ia juga mengaku apresiasi dengan Kota dan warga Payakumbuh yang masyarakatnya terkenal ramah.


“Untuk semua pegawai Lapas, juga saya ucapkan terima kasih, saya sangat betah disini, namun karena ada pertemuan dan perpisahan saya harus pindah bertugas ke tempat lain.” Tutupnya. 


Sementara Azhar yang menjadi pengganti Muhammad Kameily merupakan Mantan Kepala Lapas terbuka Pasaman yang lama bertugas di Kepulauan Riau dan Provinsi Riau. Azhar pernah bertugas sebagai Kepala UPT Lapas Pekanbaru dan Kepala Rutan Anak Aia Kota Padang.


Ia menyebutkan bahwa dengan perubahan nomenklatur/nama dari Lapas Kelas II Payakumbuh ke Lapas Kelas II Tanjung Pati juga akan dibarengi dengan pemindahan tahanan dan petugas/pegawai.


“Nanti kita akan change atau pindah ke Tanjung Pati, kita akan boyong pegawai dan tahanan ke Lapas di Tanjung Pati (Lapas Anak),” ucapnya.


Sementara Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten 3, Ifon Satria mengucapkan terima kasih atas kerja yang diberikan Khameily selama ini, ia juga mengucapkan selamat datang kepada Azhar yang dipercaya menggantikan Khameily.


“Terima kasih dan kami lepas pak Khameily untuk bekerja ditempat lain, selamat datang untuk pak Azhar semoga bisa bekerjasama dan meningkatkan prestasi.” Ucapnya.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat yang diwakili Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, M. Ali Syahbana mengapresiasi kepemimpinan M. Khameily selama bertugas sebagai Kalapas.


“Payakumbuh selama ini penuh prestasi, tugas berjalan dengan lancar dan tidak ada aduan. Terimakasih pak Khameily. Prestasi pak Khameily juga penuh prestasi, sehingga kedepannya Payakumbuh bisa meraih prestasi dan tugas berjalan dengan baik dan lancar.” Harap Mantan Kalapas Kelas II Payakumbuh itu. (Ady).

Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment