Ciptakan Entrepreneur, PPUPIK Lakukan Workshop Kewirausahaan

Foto bersama workshop kewirausahaan beserta mahasiswa yang merupakan peserta

INFONUSANTARA.NET — Tim Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) Nata de Coco Departemen Biologi FMIPA UNP mengadakan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa. Tema kegiatan workshop ini adalah Eksplorasi Potensi Biologi  Dengan Inovasi Cerdas Sebagai Bio Entrepreneurship di Masa Depan.

Ketua PUPIK, Dr Dwi Hilda Putri, M.Biomed menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa menjadi calon alumni yang memiliki kompetensi dalam bidang entrepreneur

“Kegiatan yang berlangsung pada 24 September ini di hadiri 130 mahasiswa Program Studi Biologi. Program ini juga selaras dengan kebijakan Kemendikbudristek tentang Kampus Merdeka,” jelasnya saat di temui di Kampus UNP, Jumat (6/10)

Dwi Hilda Putri menambahkan, PPUPIK Nata de Coco bergerak dalam produksi minuman Fermentasi Nata de coco, yang merupakan salah satu unit kewirausahaan yang berada di Laboratorium Biologi FMIPA UNP. 

“Kegiatan produksi Nata de Coco ini sudah berjalan selama 2 tahun dengan melibatkan mahasiswa magang,” jelasnya.

Dwi Hilda Putri menjelaskan juga, workshop ini terlaksana atas kerjasama antara PPUPIK Nata de Coco Departemen Biologi FMIPA UNP dan Tim Mata Kuliah Kewirausahaan Biologi. 

“Mata Kuliah Kewirausahaan Biologi merupakan mata kuliah baru dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi. Mata kuliah ini dibentuk sebagai jawaban atas tantangan kurikulum Merdeka yang menuntun lulusan perguruan tinggi dapat mengembangkan diri menjadi wirausahawan nantinya,” jelasnya.

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber pelaku UMKM di bidang Nata de Coco, seperti Ermita Syukur yang merupakan CEO dari CV Lima Bersaudara, serta Alwiya Rahmanoza, M.Biomed pemilik We Farm Hidroponik. 

Selain workshop, juga dilakukan kesepakatan bersama antara PPUPIK Nata de Coco Departemen Biologi FMIPA UNP dengan CV. Lima Bersaudara dalam hal pemasaran Nata de Coco.

Leave a Comment