Reses III 2023 Mastilizal Aye, SD 05 Surau Gadang Butuh Pembangunan Mushalla

 

Reses III Mastilizal Aye di SD 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo 

INFONUSANTARA.NET — Anggota DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye,SH yang juga merupakan Ketua Komisi IV membidangi pendidikan dengan menjemput aspirasi pada sekolah sekolah dasar (SD) yang berada di wilayah Surau Gadang Kecamatan Nanggalo yang bertempat di SD 05. Kamis (7/9/2023).

Dikatakan Mestilizal Aye, agenda reses III ini dimulai sejak tanggal 5 -9 September 2023. Dan pada Kamis (7/9/2023), Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan reses III yang bertempat di SD 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo sebagai tuan rumahnya. 

Reses ini banyak dihadiri oleh seluruh para guru SD 05 serta kepala sekolah dan juga beberapa kepala sekolah serta perwakilan guru SD yang berada di Kecamatan Nanggalo.

Sebagai Ketua di Komisi IV DPRD Kota Padang bidang pendidikan, kata Mestilizal Aye dirinya sengaja memprioritaskan turun ke sekolah -sekolah ,apalagi di masa reses ini.Dalam rangka menerima aspirasi kepala sekolah serta guru -guru di Kecamatan Nanggalo.

Untuk SD 05 Surau Gadang ini tidak ada mushalla nya. Sementara jumlah murid sebanyak 650 orang. Jadi ketika ingin melaksanakan shalat terpaksa mereka menyusun bangku terlebih dahulu kemudian nanti usai shalat di susun kembali.

“Kita berharap bisa membangunkan mushalla disini, bagaimana pun caranya kita akan coba sebisa mungkin,” kata Mestilizal Aye.

Selain itu kepada Dinas Pendidikan Kota Padang, kita berharap ada perhatian terhadap hal – hal seperti ini. Karena bagaimanapun dari sejak SD ini, anak -anak sudah diterapkan nilai -nilai agama, apalagi masalah sholatnya.

Kemudian, setelah nanti di 2023 Dinas Pendidikan sudah menyelesaikan 500 RKB (ruang kelas baru), kedepannya di 2024 bagaimana kita memperbaiki sekolah – sekolah ini. 

Saya sudah kunjungi beberapa sekolah dasar (SD) dan kondisinya sangat memprihatikan sekali. Ada atapnya yang bocor, ada ruangan yang tidak kondusif laksanakan program belajar mengajar, banjir.

 ‘Kondisinya sangat memprihatikan sekali, ada dana Bos yang mungkin dikurangi dan itu harus jadi skala prioritas dan menjadi perhatian lagi bagi Dinas Pendidikan kedepannya. Terutama itu tentang mushalla, disekolah itu harus ada mushalla yang representatif dan ini harus menjadi skala prioritas,” katanya.

“Dan kami dari DPRD Padang siap menganggarkan untuk hal – hal tersebut , karena pendidikan dasar ini sangat penting sekali,” katanya.

Untuk dana pokir di 2024, Insyaallah saya menganggarkan sebesar Rp 870 juta untuk sekolah -sekolah yang sudah memasukkan proposal. Kemudian juga ada beberapa sekolah yang belum sempat memasukkan proposal, mudahan di 2024 mereka akan kita akomodir kembali.

Kemudian untuk guru lulus tes passing grade. Setelah kita sama – sama berjuang ke pusat, Insyaallah SK itu tinggal menunggu waktu saja. 

Kepada Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota Padang diminta untuk selalu mengingatkan ini ke Menpan.Ini sudah menjadi hal yang sudah sangat mendesak. Dan sebanyak 1226 orang guru passing grade sampai saat ini masih menunggu dengan rasa was-was.

“Mudah-mudahan Dinas Pendidikan benar – benar dapat memberikan hal itu pada guru P3K, dan bahwa SK itu betul -betul menunggu waktu untuk diserahkan kepada mereka,” pungkasnya.(bim)

Leave a Comment