Dipimpin PJ Bupati Mentawai, Upacara Peringatan HUT ke-78 RI Berjalan Sukses

INFO|MENTAWAIUpacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Mentawai berjalan sukses, lancar, dan khidmat yang di selenggarakan di lapangan Kantor Bupati Mentawai, Kamis (17/8/2023).


Upacara pengibaran bendera merah putih dipimpin langsung Inspektur Upacara, PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, dengan Komandan Upacara, Letda Inf James Sibarani dari Kodim 0319/Mentawai.


Bertindak selaku perwira upacara Kapten.Inf Putra Irawan Damanik, perwira upacara cadangan, Lettu Inf Setianus Sipayung, sedangkan komandan kompi Paskibraka (Danpas) Ipda Ridwan Taher jabatan Kanit Provost Polres Mentawai.


Formasi yang di bentuk saat pengibaran bendera merah putih, 17, 8, 45 dan personel terdiri dari 35 anggota paskibraka dan 35 dari  TNI-Polri, sedangkan pasukan 8 yaitu Elviona asal sekolah SMAN 1 PUS, Asri Dina Saule asal sekolah SMA 2 Sipora dan Lusia Maya Marina asal sekolah SMAN 1 Siberut Utara.


Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten ini merupakan putra putri terbaik bangsa Indonesia yang terdiri dari beberapa kecamatan yang ada di kabupaten kepulauan Mentawai di bawah asuhan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mentawai.


Pelatih dan pembina paskibraka tahun 2023 tingkat kabupaten kepulauan Mentawai ini dari unsur TNI-Polri dengan nama sebagai berikut, M Toha  SH jabatan Kaurbin Ops Satpolair Polres Mentawai, Lettu Inf Setianus Sipayung jabatan Danramil 03/Sipora Kodim 0319/Mentawai selaku Koordinator pelatih dan pembina


Berikut pelatih dari Kodim 0319/Mentawai, Serka Hotman S Purba, Serka Herry Putra dan Serda Ricci R Tarigan dan pelatih dari Polres Mentawai Bripda Marinus Jefri S, Bripda Rizky Ma’ruf dan Bripda Butet Alma Nalurita.


Rangkaian upacara peringatan HUT ke-78 RI ini selaku pembaca UUD 1945 Ketua DPRD Mentawai, Yosep Sarogdok, Pembaca Doa, Kemenag Mentawai dan paduan suara dari SMA Plus Setia.


Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-78 RI di laksanakan serangkaian kegiatan penyerahan piagam penghargaan kepada ASN, penyerahan bantuan CSR bidang pendidikan tahun 2023 untuk Pemkab Mentawai sebesar Rp 120 juta.


Selanjutnya antraksi forum bela diri dari kepulauan Mentawai yang terdiri dari perguruan Silat, Karate dan Taekwondo, penampilan patroli keamanan sekolah dari SMAN 2 Sipora di bawah asuhan Polres Mentawai sekaligus di lepas PJ Bupati Mentawai untuk mengikuti perlombaan dalam rangka HUT Lalu Lintas tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-78 RI di kepulauan Mentawai antusias masyarakat luar biasa, bahkan peserta upacara mengenakan pakaian adat Nusantara dan di hisasi dengan taburan bendera dan umbul-umbul di lokasi kantor Bupati Mentawai, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment