Babinsa Masuk Dapur Bantu Lansia Memasak di Dusun Paddarai



INFO|MENTAWAI Cuaca yang mendung yang di selimuti awan di pagi itu, tepatnya hari Sabtu (26/8/2023) terlihat seorang nenek berusia (70) tengah memasak mempersiapkan jajanan kue yang akan di jual di warung.


Di dapur terlihat seorang pemuda dan anak kecil yang mengenakan pakaian olahraga mendampingi nenek yang lagi memasak.

Sembari waktu terus berputar, sang anak kecil hendak mau pergi sekolah sempatkan waktu mendampingi sinenek memasak jajanan kue.

“Iya pak, setiap pagi kita selalu menyiapkan jajanan kue untuk di jual di warung sebagai tambahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari” ungkap nenek yang bernama Aniar kepada penulis di Dusun Paddarai, Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan.

Waktu terus berjalan jarum jam telah menunjukan pukul 08.00 WIB, Babinsa Koramil 03/Sipora, Serda Subroto menjalankan tugas untuk melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan sasaran membantu warga memasak di dapur.

Di Pagi itu, dengan mengenakan seragam loreng, Serda Subroto bergegas mendatangi kediaman seorang nenek bernama Aniar untuk membantu memasak di dapur.

Nenek ini merupakan orang tua angkat Babinsa Serda Subroto yang juga mitra karib dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan di tengah masyarakat.

“Memang kegiatan Babinsa masuk dapur ini sudah kita agendakan sebelumnya dengan sasaran warga kurang mampu untuk membantu secara moril” ungkap Serda Subroto.

Kegiatan Babinsa masuk dapur ini, tidak hanya memberikan bantuan berupa materi, namun bisa di lakukan secara moril, setidaknya warga yang di bantu, beban mereka terasa ringan.

“Memupuk kebersamaan dan kedekatan dengan warga ini terus kita lakukan dengan berbagai upaya dalam meringankan beban masyarakat” ucapnya.

Ini salah satu cara, Babinsa untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat baik melalui motivasi, sharing serta mengajak warga untuk tetap optimis meningkatkan perekonomian.

Program kegiatan ini merupakan perintah pimpinan atas yang harus dilakukan seluruh prajurit TNI dalam meringkan beban masyarakat dengan cara menyambangi warga binaan di setiap masing-masing wilayahnya.

“Membangun kebersamaan dan dekat dengan masyarakat salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selalu peduli dengan kondisi warga” sebutnya.

Komunikasi sosial yang baik, tentunya akan menghasilkan kebersamaan dalam membangun berbagai komplit kondisi sosial di tengah masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang aman dan ekonomi kuat.

“Peran ini terus kita galakkan di tengah masyarakat, guna memberikan dedikasi yang baik dalam menjalankan tugas sebagai aparat teritorial di wilayah Koramil 03/Sipora, Kodim 0319/Mentawai” imbuhnya, (Ers).


Editor : Tim Redaksi


Leave a Comment