Diskoperindag Mentawai Sosialisasi Sumber Pembiayaan Bagi UMKM

INFO|MENTAWAIGuna mendukung program penciptaan Iklim usaha dan pengembangan kewirausahaan UMKM terutama di bidang peningkatan akses pembiayaan UMKM, sebanyak 60 pelaku UMKM di mentawai ikuti sosialisasi terkait sumber pembiayaan bagi UMKM .


Kegiatan sosialisasi ini di gelar Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Barat bersama Dinas Koperindag Mentawai bertempat di Hotel Bujai Griya Mentawai, Kamis (13/7/2023).


Plt.Kepala Dinas Koperindag  Mentawai Dominikus Saleleubaja menegaskan, bahwa struktur ekonomi telah mengalami perubahan dengan peran sektor UMKM yang lebih besar.


Dia menyebut, sektor UMKM telah menunjukkan perkembangan yang terus mengalami peningkatan. Permodalan merupakan faktor utama yang diperlukan untuk mengembangkan suatu unit usaha.

 

Kurangnya permodalan UMKM, kata dia pada umumnya dirasakan para pengusaha kecil menengah merupakan usaha perorangan atau perusahaan yang sifatnya tertutup, yang mengandalkan pada modal dari si pemilik yang jumlahnya sangat terbatas.


Sementara modal pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya sulit diperoleh, karena pada umumnya persyaratan secara administratif dan teknis yang diminta oleh bank tidak dapat dipenuhi. 


Nah, untuk percepatan pertumbuhan ekonomi, pemerintah pusat mengeluarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka upaya meningkatkan pemberdayaan UMKM.


“Kita berharap melalui porgram KUR ini dapat meningkatkan dan memperluas akses koperasi serta wirausaha produktif kepada pembiayaan perbankan” tuturnya.


Selain itu mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan daya saing UMKM khususnya di kepulauan mentawai.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment