20 Kelompok Ternak Di Mentawai Terima Bantuan Ayam KUB-2 Sebanyak 10.000 Ekor

INFO|MENTAWAIMelalui bantuan Dinas Peternakan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Sumbar, sebanyak 20 Kelompok ternak ayam yang ada di kepulauan mentawai menerima bantuan 10.000 ekor ayam kampung unggul KUB-2.


Bantuan ayam ini di serahkan di dua wilayah untuk di Sikabaluan sebanyak 13 kelompok ternak dengan jumlah ayam 6.500 ekor, sedangkan di wilayah Sipora terdapat 7 kelompok total ayam 3.500 ekor.


“Penyerahan bantuan ayam KUB-2 untuk di wilayah Sikabaluan sudah diserahkan satu bulan yang lalu dan hari ini kita serahkan di wilayah Sipora” sebut Rekanan pengadaan Ayam KUB-2 dari CV Tiga Jaya Unggul, Jeri Azhari kepada media, Jumat ,(14/7/2023).


Setiap kelompok yang menerima bantuan mendapatkan 500 Ekor Ayam, adapun 7 kelompok di wilayah sipora yaitu, kelompok ternak Sasaraina, Karya Logam, Tohude, Jati, Santo Petrus, Aileppet Puero dan Kaum


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, Hatisama Hura menyampaikan, bantuan ayam ini merupakan program unggulan (Progul) Gubernur Sumatera Barat dalam pengembangan peternakan, dimana saat ini di mentawai ada sebanyak 20 kelompok ternak menerima bantuan.


Untuk di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara ada sebanyak 6.500 ekor ayam KUB-2 yang sudah di serahkan, sedangkan di Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara sebanyak 3.500 ekor, total bantuan ayam ini 10.000 ekor.


Selain itu, setiap kelompok juga di bantu pakan ternak sebanyak 3,5 ton per kelompok dan obat-obatan, karena ayam ini berumur 2 bulan.


“Jadi yang kita harapkan di sini, kita sebagai daerah tertinggal dapat memberikan nilai tambah, setidaknya suplai telur ayam kampung ini bisa berkembang dan meningkat di mentawai” ucapnya.


Tak hanya itu, pihaknya juga akan melaksanakan monitoring perkembangan ayam tersebut, agar bisa mengetahui apa yang menjadi kendala dalam pengembangan ayam KUB-2 ini.


”Kita akan laksanakan monitoring serta evaluasi perkembangan dari ternak Ayam ini, sehingga ayamnya berkembang berapa dan jika ada yang mati kita akan identifikasi penyebabnya untuk kita upayakan pencegahan kedepannya,” ucapnya.


Ketua Kelompok Ternak Ayam Sasaraina, Suharman menyampaikan, terima kasih kepada pihak Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar atas bantuan ini, Ia juga berkomitmen untuk mengembangkan ternak ayam tersebut.


“Bantuan ayam ini kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkannya dan ditetaskan untuk meningkatkan produksinya” ucap Suharman.


Untuk di ketahui Ayam KUB-2 ini merupakan Ayam unggulan hasil Peningkatan dari ayam KUB-1. Ayam ini merupakan hasil Upgrade dari Ayam KUB-1 dan dapat bertelur hingga 200 telur per tahunnya.


Bantuan ayam yang di serahkan kepada 7 kelompok ternak di wilayah Sipora ini di lakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai.

 

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment