Selain Penyerahan Bantuan Pemakaman, Pj Wako Rida Ananda Berbagi Kebahagiaan di Hari Jadinya Bersama Lansia dan Disabilitas

INFO|PayakumbuhPenjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda berbagi kebahagiaan di hari ulang tahunnya yang ke 55 bersama warga lanjut usia dan disabilitas saat penyerahan bantuan pemakanan di Aula Kantor Bersama Padang Kaduduak, Rabu (7/6/2023).


Hal itu terlihat saat Rida mendapat kejutan kue dan ucapan selamat ulang tahun dari Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi dan jajaran. Saat memotong kue, Rida mempersembahkan kue pertama dan kedua untuk Lansia dan anak Disabilitas.


Aksi Rida ini mengundang decak kagum dan rasa bangga orang-orang yang hadir, tak cukup sampai di sana, jelang beranjak dari lokasi acara, Rida juga sempat memberikan uang jajan bagi anak-anak yang ada di lokasi acara.


“Kami sampaikan apresiasi atas perhatian pimpinan kepada masyarakat, di hari bahagia ini kami juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 55, semoga selalu diberi kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT, agar terus bisa melayani masyarakat kita,” kata Irwan Suwandi didampingi Sekretaris Dinsos B. Nasution dan Kabid PRJS Kurniawan Syah Putra.


Sementara itu, Wali Kota Rida Ananda menyampaikan perlindungan hak asasi tentu tidak akan terlepas dari perlindungan terhadap hak-hak kelompok minoritas dan kelompok rentan yang hak-haknya sering diabaikan.


Hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia menjelaskan, ada 5 kelompok yang termasuk ke dalam kategori kelompok rentan. 5 kelompok tersebut adalah anak-anak, wanita hamil, lansia, orang miskin dan penyandang cacat.


“Kelompok ini dipelihara oleh negara, pemerintah daerah hadir untuk membantu mereka, meski keterbatasan anggaran menjadi kendala kita, tapi mereka tetaplah prioritas,” kata Rida.


Rida juga menyampaikan apabila 5 kelompok ini ada kendala atau butuh bantuan, tempat mengadunya adalah ke dinas sosial atau bisa langsung datang menemui Rida, nanti mereka akan difasilitasi oleh instansi terkait.


“Kalau ada warga yang butuh kursi roda, kaki palsu, alat bantu berjalan, alat bantu dengar, dan alat untuk disabilitas serta lansia lainnya akan kami bantu, silahkan laporkan kalau ada tetangga kita yang butuh bantuan, jangan sungkan,” pungkasnya.


Penulis : Ady Parker

Leave a Comment