Dukung Hanpang, Pj.Bupati Mentawai Turun Langsung Menanam Tanaman Hortikultura

INFO|MENTAWAIUntuk mendukung Ketahanan Pangan (Hanpang), Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi, M.Pi turun langsung melakukan penanaman tanaman Hortikultura di Desa Sipora jaya, Selasa (20/6/2023).


Penanaman tanaman hortikultura ini berlokasi di kebun PKK Desa Sipora Jaya yang di hadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, penyuluh pertanian, Kades Sipora Jaya dan masyarakat setempat.


Kegiatan penanaman hortikultura ini di lahan kosong, guna meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumbar.


“Kepulauan Mentawai adalah kepulauan agraria, walaupun lautannya lebih luas, yang menjadi pengamatan saya selama ini, banyak lahan yang subur tidak optimal dimanfaatkan” sebut Pj Bupati Mentawai dalam sambutannya.


Nah, dikesempatan ini, kegiatan yang di lakukan bersama merupakan wujud nyata dalam pemanfaatan lahan kosong dengan penanaman palawija dan konsep skala Nasional, Pj Bupati Mentawai menghinbau untuk menanam cabe secara serentak.


Dia mengatakan kegiatan seperti ini di harapkan menjadi contoh bagi Desa-desa yang ada di empat pulau besar mentawai untuk menggalakan program ketahanan pangan di setiap masing-masing desa.


“Kita berharap semua desa bisa menjadi percontohan dalam sektor pertanian dengan membukan inovasidan tidak hanya sekedar seremonial saja” imbuhnya.


Tak hanya itu, kata Pj Bupati Mentawai kegiatan seperti ini dapat meningkatan kesejahteraan Desa dalam meningkatkan ketahanan pangan serta menekan terjadinya inflasi.


Diera zaman serba canggih ini, Pj Bupati Mentawai juga mengajak warga untuk menggunakan peralatan teknologi tepat guna dalam pengelolaan pertanian.


“Semua bisa di akses melalui channel youtube termasuk cara penggunaannya. Ini sangat perlu di manfaatkan guna perkembangan pertanian di mentawai” tutupnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment