Tak Bisa Melaut, Babinsa Serda Irfan Motivasi Nelayan Melalui Komsos

INFO|MENTAWAIBeberapa hari belakang ini cuaca kurang bersahabat, sehingga berdampak kepada penghasilan para nelayan untuk mendapatkan tangkapan mereka di laut.


Tak hanya itu, masyarakat juga sulit mendapatkan ikan di karenakan para nelayan banyak yang tidak bisa pergi melaut pasca cuaca akhir-akhir ini kurang bagus.


Untuk memotivasi para nelayan, Babinsa Koramil 01/Sikabaluan, Serda Irfan Munthe melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di Desa Malancan, Kecamatan Siberut Utara.


Sasaran komsos Babinsa Serda Irfan Munthe ini dengan mitra karib di desa binaannya bernama pak Jost yang berprofesi sebagai nelayan warga Malancan.


“Komsos ini salah satu cara Babinsa memotivasi warga binaan khusus nelayan supaya tidak patah semangat dalam beraktivitas, karena cuaca kurang baik” ucap Danramil 01/Sikabaluan, Kapten Inf Putra Irawan Damanik, Sabtu (11/2/2023).


Peran babinsa bagaimana memberikan suport kepada para nelayan agar tetap semangat, meski cuaca sering ekstrem, sehingga sulit pergi melaut.


“Dengan kondisi cuaca sering ekstrem memang sangat berpengaruh besar kepada hasil tangkapan nelayan karena tidak bisa melaut, termasuk kepada masyarakat sulit mendapatkan ikan” ucapnya.


Nah, melalui komsos yang di lakukan babinsa dengan masyarakat nelayan ini mereka termotivasi serta tidak patah semangat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.


Selain membahas kondisi cuaca, komsos ini juga sebagai perekat dan keakraban dengan masyarakat serta memperkuat silahturahmi satu dengan yang lainnya.


Danramil juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrim, kalau cuaca tidak bersahabat hindari dulu pergi melaut dan cari aktivitas yang lain guna meminimalisir kejadian.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment