Jaga Kualitas Demokrasi, Bawaslu Mentawai Adakan Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024

INFO|MENTAWAIBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai terus mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek. 


Pengawasan pemilu dari berbagai aspek itu di lakukan dengan melaksanakan kegiatan siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 

2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024. 


Langkah yang di lakukan Bawaslu Mentawai ini merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu agar dapat berjalan dengan Luber dan Jurdil sebagaimana telah diamanahkan dalam Undang-Undang sebagai lembaga The Guardian of Democracy. 


Dia memgatakan, dari aspek pengawasan, Bawaslu perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan setiap tahapan Pemilu.


Bawaslu dalam melakukan pengawasan, telah menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja pengawas pemilu di setiap tingkatan dari level desa hingga nasional sebagai pedoman dalam melakukan tindakan pengawasan pendaftaran pemilih. 


Sementara dari aspek pencegahan, Bawaslu perlu melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi munculnya pelanggaran pemilu.


“Hal ini penting dilakukan sebagai upaya mencegah pelanggaran Pemilu yang di lakukan sejak dari “hulu”. 


Dari aspek hubungan antar lembaga, Bawaslu perlu menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaran pemilu. 


Tak hanya itu, Bawaslu juga menyadari bahwa pengawasan pemilu tidak dapat dilakukan sendiri. Bawaslu perlu menuangkan kerjasama antar lembaga dalam bentuk nota kesepahaman maupun perjanjian kerjasama untuk mengoptimalkan pengawasan pemilu dan mewujudkan pemilu yang berintegritas. 


Dengan terwujudnya pemilu yang berintegritas, diharapkan dapat menghasilkan pemimpin dan pemerintahan yang mampu menciptakan kebijakan publik yang memberikan manfaat secara luas, tukasnya 


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment