Tingkatkan Hasil Pertanian, Babinsa 03 Sipora Bersama PPL Berikan Penyuluhan Kepada Poktan

INFO|MENTAWAI – Guna meningkatkan produksi dalam pengolahan lahan yang baik, Babinsa Koramil 03 Sipora gandeng PPL berikan penyuluhan kepada kelompok tani.


Penyuluhan yang di laksanakan, Babinsa, Sertu Osten Sinaga ini dalam rangka kegiatan SL pertanian khususnya tanaman Padi di Lokasi pekarangan Asmil Kodim 0319/ Mentawai.

Seru Osten Sinaga mengatakan, penyuluhan yang di berikan kepada poktan ini di karenakan masih banyak petani cara mengolah lahan memakai pola lama tidak sesuai dengan ilmu pertanian, sehingga hasil produksi tidak maksimal.

“Penyuluhan yang kita sampaikan ini untuk memberikan pemahaman kepada poktan dengan sistim pola pertanian yang benar khususnya tanaman padi” ucap Osten Sinaga kepada media, Sabtu (29/10/2022).

Selain itu pemahaman yang di berikan ini juga meningkatkan hasil produksi pertanian dalam pengelolaan pertanian yang sesuai ilmu tekniknya.

Dikatakan, materi penyuluhan yang di berikan kepada poktan ini meliputi cara pengolahan lahan, pembibitan dengan cara memilih bibit unggul, sistim penanaman, perapatan tanaman padi atau jarak dan panen.

“Kita berharap penyuluhan ini dapat di aplikasikan poktan dalam mengelola lahan mereka dan akan di lakukan peninjauan bersama PPL” ucap Babinsa.

Usai pemberian penyuluhan, Babinsa bersama PPL melakukan praktek lapangan yang di ikuti kelompok tani di lokasi yang sudah di sediakan.

Ditempat yang sama, Kasdim 0319/Mentawai, Mayor Inf A.Nasution melalui Plh.Danramil 03/Pulau Sipora Lettu Inf.S.Sipayung menekankan dengan adanya penyuluhan ini para poktan mampu merubah pola pertanian sesuai ilmu yang diserap.

“Pola baru ini diharapkan hasil produksi Petani maksimal sehingga ketahanan Pangan di wilayah kita ini bisa terjaga dan stabil” tuturnya.

Dia menyebut, para penyuluh bersama Babinsa tetap bersinergi untuk membina masyarakat dalam meningkatkan hasil pertanian serta mengantisipasi terjadi krisis pangan.

Kegiatan penyuluhan ini di hadiri, Kasdim 0319/ Mentawai, Plh Danramil 03 /Pulau Sipora, Babinsa 03 Sertu Osten Sinaga, Koordinator PPL/anggota PPL Pertanian Mentawai 12 orang dan Ketua Poktan sebanyak 22 orang.

Editor : Heri Suprianto


Leave a Comment