Peringatan Sumpah Pemuda, Ketua DPD KNPI Mentawai : Demografi Saat Ini Sangat di Butuhkan Peran Pemuda

INFO|MENTAWAI – Membangun suatu daerah kekuatannya itu adalah persatuan dan kesatuan sesuai tema peringatan sumpah pemuda ke-94 tahun 2022 ini bersatu bangun bangsa.


Soal peran pemuda dalam hal ini DPD KNPI Mentawai di pemerintah daerah belum terlalu signifikan, namun setidaknya bisa memberikan gambaran salah satunya melaksanakan open turnamen volly ball dan kegiatan sosial lainnya.

Meski demikian peran pemuda mentawai akan terus berbenah dalam menciptakan inovasi di daerah dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada guna mendukung kemajuan daerah.

Ketua DPD KNPI Mentawai, Ardiman Saurei menyebut peringatan hari sumpah pemuda ini pihaknya telah menyukseskan kegiatan olahraga cabang volly ball baru-baru ini di selenggarakan.

Nah, sekarang ini setelah di laksanakan turnamen volly ball, masyarakat masih menginginkan turnamen tersebut di lanjutkan tidak hanya sampai disini termasuk iven-iven pemuda lainnya.

Untuk saat ini, kata Ardiman peran pemuda terhadap daerah hanya masih sebatas memberikan sumbangsih, diskusi dan sharing dengan kepala daerah serta kepala OPD, ujarnya kepada media, Jumat (28/10/2022).

Meski begitu, peran pemuda tidak hanya sampai disitu, akan tetapi bagaimana bisa berbuat untuk daerah dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada, guna mendukung program pemerintah.

Dia mengatakan, sesuai tema yang di usung pada peringatan sumpah pemuda tahun 2022 ini bersatu bangun bangsa, instrumen yang terpenting membangun sebuah daerah adalah persatuan.

Secara esensi di mentawai, sebut dia boleh di bilang kuat. Khusus kepemudaan memang ada beberapa dinamika kepemudaan yang masih belum bisa menyatukan persepsi dalam memajukan daerah, masih berbeda-beda pikiran, tuturnya.

Untuk kedepan dia menyakini pemuda-pemuda mentawai akan sadar akan perannya masing-masing serta merapatkan barisan dalam mengambil peran untuk memajukan daerah.

Langkah selanjutnya dengan kepemimpinan yang baru di daerah, pihaknya akan berperan di dalam, nah dengan demografi demikian rupa sangat di butuhkan peran pemuda.

Saatnya pemuda melangkah kedepan dengan membuat terobosan salah satunya maju di ajang pemilihan kepala desa, dimana peran pemuda mentawai telah memulai mengambil peran estafet kepemimpinan di tingkat pemerintahan terendah.

Termasuk pemuda yang sudah menjadi ASN di harapkan memberikan ide kreatifitas yang lebih mumpuni artinya kalau membangun harus mengambil peran di mulai dari tingkat bawah, tutupnya.

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment