Pelaksanaan ANBK 2022 Secara Online di SDN 21 Teluk Nibung Berjalan Lancar

Pelaksanaan ANBK 2022 di SDN 21 Teluk Nibung Kota Padang 

INFONUSANTARA.NET –Pemerintah secara resmi menjadikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Diketahui bahwa pelaksanaan ANBK untuk tingkat satuan pendidikan dasar SD untuk gelombang pertama berlangsung, Senin (24/10/2022) kemaren.

Kepala sekolah SDN 21 Teluk Nibung, H. Nasri ,S.pd, pada Rabu (26/10/2022), menyampaikan bahwa ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan,” jelasnya.

Tahapan pelaksanaan ANBK ini mulai dari penarikan data di BIOAN selanjutnya dilaksanakan Simulasi sebagai pengenalan system kerja aplikasi exambrows.

ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu, selain itu ANBK juga sebagai sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online, Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah, khususnya untuk tingkat SD yakni peserta didik kelas V.

Pelaksanaan ANBK yang berlangsung di SDN 21 Teluk Nibung diikuti sebanyak 27 peserta didik kelas V sebagai sampling dan 5 peserta cadangan. 

Pada pelaksanaan ANBK ini dibagi menjadi tiga sesi, dimana setiap sesi diikuti 5 peserta didik,dan pelaksaan ini selama 4 hari berturut-turut (24 – 27/10/2022). Sementara untuk suksesnya kegiatan tersebut dinahkodai oleh satu orang guru selaku proktor, satu orang teknisi dan tiga orang pengawas ruang.

Pada pelaksanaan ANBK tahun 2022 ini, SDN 21 Teluk Nibung memilih melaksanakan ANBK secara online karena memiliki akses internet di sekolah yang stabil dengan 6 unit komputer/Laptop yang digunakan untuk proktor dan clien (peserta didik),” pungkasnya.(Inf)

Leave a Comment