Kades Sion : Objek Wisata Desa Goiso’oinan Terus Kita Kembangkan

INFO|MEMTAWAIDesa wisata menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan pariwisata, selain meningkatkan ekonomi masyarakat juga menjadi pendapatan bagi pemerintahan Desa.


Di kabupaten kepulauan mentawai saat ini setiap desa yang ada lagi geliatnya untuk mengembangkan destinasi wisata yang memiliki potensi di setiap masing-masing desa.


Salah satunnya yang ada di wilayah sipora seperti Desa Goiso’oinan yang memiliki pantai yang bagus, dimana setiap hari libur banyak pengunjung yang datang ke objek wisata pantai goiso’oinan.


Bagi pelaku usaha meyuguhkan makanan kuliner, dimana bahan bakunya sangat banyak untuk di olah menjadi makanan tradisional, tak hanya itu makanan non lokal juga tersedia di lokasi pantai wisata goiso’oinan.


Dengan banyaknya pelaku usaha dari masyarakat setempat yang di dukung dari pemerintahan desa, tentu akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dalam meningkatkan inovasi untuk mengembangkan wisata.


“Kita sangat berharap potensi yang ada di lokasi objek desa wisata pantai goiso’oinan ini mampu mendorong tingkat pengunjung yang akan berdampak kepada masyarakatt dan Desa” harap Kades Goiso”oinan, Sion Marsutim Taileleu, (10/2022).


Dia menyebut, desa wisata memiliki berbagai keunggulan. Prinsip utama dalam desa wisata yakni desa membangun, yaitu fokus kepada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desanya secara mandiri.


“Di desa wisata, seluruh lapisan masyarakat terlibat. Mulai dari pengelolaan, pengembangan usaha produktif, sesuai dengan potensi dan sumberdaya lokal,” ucap Sion.


Pengembangan desa wisata, sebut Sion merupakan misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan para pelaku usaha juga sudah mengikuti pelatihan yang di laksanakan Disparpora Mentawai.


“Semoga desa wisata goiso’oinan ini terus berkembang dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pemerintahan desa” tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment