Darurat, Camat Pagut Harapkan Pembangunan Jembatan di Betu Monga di Tangani PU Mentawai

INFO|MENTAWAI – Tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari belakang ini mengakibatkan banjir di wilayah kecamatan pagai utara selatan, sehingga salah satu jembatan di Gereji Tirik Laggai Desa Betumonga,Kecamatan Pagai Utara jebol di bawah air sungai.


Jembatan yang hanyut di bawah arus sungai terjadi senin 25 Juli 2022. Panjang jembatan 14 meter lebar 3 meter yang terbuat dari kayu.

Jembatan ini merupakan salah satu akses jalan penghubung betu moga bawah dengan betu moga atas, muntei baru-baru, sabeu gukgung dan kecamatan sikakap.

“Atas insiden musibah banjir ini kerugian di taksir 70 -80 juta dan kejadian tersebut sudah di sampaikan kepada kepala desa betu moga untuk di lakukan penaganan” sebut Camat Pagut, Gabriel Sakeru, Selasa (26/7/2022).

Untuk tindakan selanjutnya, kata Gabriel besok bersama masyarakat akan di lakukan goro sekaligus menggesek kayu untuk pembuatan jembatan darurat atau sementara.

Jembatan yang akan di bangun akan di alihkan kesamping ke arah yang lebih datar dan jauh dari tebing.

Terkait penanganan jembatan ini, pihaknya sudah lakukan koordinasi dengan forkopimcam dan besok langsung turun ke lokasi kejadian sekaligus menunggu rekasi cepat BPBD mentawai.

Selain itu dia berharap penanganan pembangunan jembatan yang di betu monga ini kalau dapat di ambil ahli oleh pihak PU untuk mengerjakan, agar kontruksi jembatan tersebut lebih kuat dan bentangannya juga lebar.

“Kita berharap atas kejadian ini pihak PU bisa merencanakan pembangunan jembatan yang lebih kokoh, karena jembatan inj salah satu akses penghubung masyarakat hingga sampai ke pusat kecamatan, harapnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment