Manfaatkan Pekarangan Sebagai Lahan Percontohan Tanaman Jagung

INFO|MENTAWAI – Dalam melaksanakan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Bintara) yang menjadi unsur pelaksanaan Koramil bertugas pembinaan teritorial, Serda Sudirman luangkan waktu melakukan giat produktif sebagai motivasi kepada masyarakat.


Kegiatan yang di lakukan Babinsa Koramil 1 Sikablauan ini memanfaatkan pekarangan lingkungan asmara untuk di tanami jagung


Selain itu Serda Sudirman juga memotivasi dan mengajak warga binaannya untuk manfaatkan pekarangan rumah melakukan penanaman jagung sebagai tambahan penghasilan dan kebutuhan.


Seperti diketahui jagung ini merupakan tanaman yang memiliki vitamin dan karbohidrat tinggi, bahkan untuk mendapatkan bibit jagung di wilayah binaannya Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara tergolong sulit di dapatkan.


Untuk mendapatkan bibit jagung, kata dia biasanya di datangkan atau di pesan dari luar mentawai melalui para pedagang yang biasa beraktivitas dari padang menuju pelabuhan pokai.


Sementara pasar jagung sendiri yang berada di pasar tradisional Muara Sikabaluan harganya di jual Rp. 5000 satu buah jagung.


“Karena termasuk sulit mendapatkan bibit jagung ini kita manfaatkan pekarangan untuk tanami jagung, sehingga bisa berkembang dan bisa di jadikan sebagai bibit yang akan di berikan kepada masyarakat” ucap Serda Sudirman kepada media, Senin (4/4/2022)


Pekarangan yang di tanami jagung ini luas lahannya sekitar 2 Ha berada di area perumahan asrama Koramil 01 Sikabaluan dan ini sebagai percontohan bagi masyarakat untuk manfaatkan pekarangan guna di tanami jagung, tuturnya.


Dia menyebut, setelah terjadi perkembangan terhadap jagung ini, maka bisa menjadi tambahan sebagai kebutuhan hidup bagi masyarakat yang berada di wilayah Desa Muara Sikabaluan.


Selain bermanfaat bagi keluarga sendiri juga berguna bagi masyarakat luas yang membutuhkan jagung dan ini salah satu modal untuk memperkuat ketahanan pangan, tukasnya 


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment