Disperindagkop Mentawai Tahun 2022 Bangun Pondok Promosi di Sikabaluan

Kepala Dinas Perindagkop Mentawai, Dominikus Saleleubaja

INFO|MENTAWAI – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Mentawai pada tahun 2022 ini bangun pondok promosi di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.


“Untuk fisik tahun 2022 ini, kita hanya bangun satu pondok promosi di Sikabaluan, kegiatan lainnya pembinaan dan pelatihan kepada pelaku UMKM” sebut Kadis Perindagkop Mentawai, Dominikus Salelelubaja di ruang kerjanya, Senin (11/4/2022).


Dia menyebut pembangunan pondok promosi ini, guna mewujudkan ekonomi kerakyatan dengan berbasis pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesempatan kerja dan berusaha bagi pelaku UMKM


Sebenarnya, kata dia kita butuh banyak pusat promosi dan pemasaran, untuk mendorong penggunaan produk-produk buatan lokal yang berkualitas serta berdaya saing tinggi,” ujarnya.


Dengan adanya bangunan pondok promosi ini, Disperindagkop mentawai siap memberikan pembinaan serta pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terutama lokal dulu sebelum menjajaki keluar.


“Saya yakin, kehadirian pondok promosi ini akan menjadi sarana bagi produk-produk lokal untuk semakin menjadi raja di rumah sendiri dan memiliki kemampuan untuk nantinya menembus pasar” ujarnya.


Terkait fasilitas yang di bangun, ini sebut Domi tidak hanya cukup di sana saja, akan tetapi di barengi dengan pembinaan dan pelatihan serta semuanya itu butuh proses dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui para pelaku UMKM yang ada di bumi sikerei, tuturnya.


Dia mengatakan, gambaran umum UMKM di mentawai tahun 2021 terdiri dari Usaha menengah sebanyak 43 pelaku (2 persen), Usaha Kecil 243 pelaku (9 persen) dan usaha mikro 2.508 pelaku (89 persen). Total seluruh UMKM yang ada di mentawai sebanyak 2.791 unit” sebut Domi.


Adanya pembangunan pondok promosi ini, diharapkan meningkatnya kapasitas koperasi dan UMKM serta berkembangnya sarana perdagangan rakyat dan meningkatnya kesempatan kerja bagi masyarakat” pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment