Evaluasi Kelayakan Rutan di Mapolres Padang Panjang, Puslitbang Polri Lakukan Penelitian

INFO|Padang Panjang – Tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian sebagai evaluasi kelayakan mutu ruang tahanan (Rutan) Polres Padang Panjang, di Aula Endra Dharma Laksana, Selasa (8/3/2022).


Penelitian dengan judul Evaluasi Kelayakan Mutu Ruang Tahanan di Satuan Kewilayahan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Yanlik Berbasis HAM ini, dipimpin Kombes Pol. Harvin Raslin, SH bersama anggota tim yang terdiri dari konsultan, Drs. Ary Wahyono, M.Si dan Supervisi, Kombes Pol. Fx. Surya Kumara, S.H, M.M.


Dikatakan Harvin, kegiatan ini sebagai wujud fungsi kepolisian sebagai amanah dari UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Tidak lepas dari implementasi pelayanan prima Polri kepada masyarakat yang salah satunya ditunjukkan dari gelaran sarana dan prasarana bangunan rutan Polri.


“Kegiatan ini untuk mengetahui kondisi ruang tahanan yang menyasar pada tiga aspek. Yaitu, aspek kelayakan mutu rutan, aspek pemenuhan standar HAM, dan aspek kualitas pelayanan publik,” jelasnya.


Dijelaskannya, kegiatan yang melibatkan Komnas HAM, Kemenkumham, UGM, BRIN (LIPI), dan akademisi ini, dilaksanakan melalui focus group discussion (FGD), observasi  lapangan serta pengisian kuesioner oleh personel Polres, penghuni  dan pengunjung tahanan di Mapolres Padang Panjang.


“Ketika terdapat permasalahan dalam evaluasi ini, maka akan dijadikan rujukan untuk merumuskan rekomendasi kebijakan strategis bagi pimpinan agar terwujudnya mutu rutan Polri yang ideal dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis HAM,” ungkapnya. (Indah,kmf).




Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment