Tingkatkan Ekonomi Warga Binaan, Babinsa Sikabaluan Bantu Petani Panen Buah Kelapa

INFO|MENTAWAI – Selain memberikan edukasi dan pemberdayaan kepada warga binaannya, peran Babinsa juga ikut membantu meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.


Seperti yang di lakukan Babinsa Koramil 01/Sikabaluan, Serda Muskandar membantu warga binaannya memanen buah kelapa jenis hibrida yang sudah tua di dusun brambang, Kecamatan Siberut Utara.


“Buah kelapa yang di panen warga Ini untuk di pasarkan dan ini menjadi motivasi bagi warga binaan lainnya untuk memanfaatkan hasil bumi sebagai tambahan ekonomi keluarga” sebut Serda Muskandar, Rabu (2/2/2022). 


Selain itu buah kelapa jenis hibrida yang di panen warga, buahnya sangat lebat dan memiliki santan yang banyak, secara otomatis harganya juga memuaskan, ujarnya.


Kelapa jenis Hibrida pohonnya rendah, akan tetapi memiliki kelebihan yaitu buah kelapanya banyak dan hasil penen juga dapat menunjang perekonomian masyarakat yang berada di Dusun Brambang.


Dari segi untuk memanennya, kelapa jenis Hibrida ini tidak rumit, karen pohonnya rendah, bisa di jangkau dengan tangan untuk menurunkan buahnya.


Kreatifitas semakin meningkat di tengah masyarakat, selaku Babinsa sangat bangga dengan warga binaannya sudah mampu memajukan perekonomian keluarga, meski skalanya masih kecil, akan tetapi menjanjikan.


“Ini merupakan tugas kita sebagai Babinsa yang berada di wilayah binaan untuk terus memberikan edukasi serta mencarikan solusi ketika terjadi persoalan di tengah masyarakat” ucapnya.

 

 

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment