Dirjen Kemen-LHK Berikan Penghargaan Kepada Kapolres dan Bupati Mentawai

INFO|MENTAWAI – Atas peran serta dukungannya terhadap konservasi Harimau Sumatera dan pelaksanaan pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar Taman Nasional Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2021. Kapolres Mentawai dan Bupati Mentawai terima penghargaan dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kemen-LHK).


Penyerahan penghargaan ini di berikan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kemen-LHK, Wiratno dalam kegiatan Seminar Nasional di Universitas Andalas, Senin 14 Februari 2022.


Penghargaan ini juga di terima Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang serupa di terima Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet atas kebijakan dukungan konservasi hutan penyangga Taman Nasional Siberut, serta tokoh lainnya seperti Kapolres Mentawai, AKBP. Mu’at, SH,MM yang telah berkontribusi di bidangnya masing-masing guna mendukung upaya pelestarian.


Seminar nasional dengan tema “Masa Depan Harimau Sumatera” itu, dibuka Gubernur Mahyeldi. Pembahasan tersebut mengupas tata kelola sumber daya alam, pembiayaan berkelanjutan hingga penanganan konflik manusia dengan harimau.


Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat mendukung upaya konservasi Harimau Sumatera. Penerbitan Surat Edaran Gubernur Sumbar tentang Pelestarian Harimau Sumatera dan pembentukan Nagari Ramah Harimau bersama BKSDA Sumbar.


Terkait dengan itu kebijakan dukungan konservasi hutan penyangga Taman Nasional Siberut di kepulauan mentawai juga harus bersama-sama menjaga kelestariannya.


Dalam hal ini untuk pelestariannya di perlukan kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak, termasuk dengan masyarakat adat dengan kearifan lokal, tuturnya.


Sementara Kapolres Mentawai, AKBP. Mu’at,SH,MM menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Kemen-LHK yang telah memberikan penghargaan atas dukungan masa depan Harimau Sumatera dan kebijakan konservasi hutan penyangga Taman Nasional Siberut kepulauan mentawai.


“Melalui seminar Nasional ini, kita harus bersama-sama menjaga kelestarian harimau sumatera serta konservasi hutan penyangga taman nasional siberut yang ada di kepulauan Mentawai” ucapnya.


Hal ini, kata dia menjadi upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan, sehingga satwa yang ada memiliki masa depan yang lebih baik, ujarnya.

 

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment