Agar Berkualitas Bagus, Babinsa Siberut Inovasi Pengolah Kopra di Desa Pasakiat

INFO|MENTAWAI – Pada umumnya masyarakat yang bermukim di pesisir pantai di kelilingi pohon kelapa menjadi salah satu penghasilan bagi warga untuk di olah menjadi kopra.


Soal kopra di kepulauan mentawai sangat melimpah, bahkan ada kopra juga ada di olah beberapa jenis sesuai dengan kemauan setiap warga untuk menjadikan kualitas kopra bisa bernilai tinggi.

Selain itu kopra ini juga merupakan salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai, karena pada umumnya pohon kelapa masyarakat lebih banyak berada di pinggir pantai seperti di Desa Pasakiat, Kecamatan Siberut Barat Daya.

Untuk lebih maksimalnya pengolahan kopra memiliki nilai jual tinggi, Babinsa Koramil 02/Siberut, Kodim 0319/Mentawai, Pelda Endarmo Pangles inovasi warga binaannya dalam pengolahan kopra yang berkualitas.

Kelapa yang akan di jadikan kopra, agar memiliki kualitas yang bagus, tentunya untuk memanen buah kelapa harus memilih yang sudah cukup tua dengan cara mengupas, mengorek isinya dan kemudian di lakukan proses penjemuran untuk khusus kopra putih

Sebagai babinsa yang bertugas di setiap wilayah yang sudah di tentukan, berperan memberikan pendampingan, edukasi serta memberdayakan masyarakat untuk menjadi produktif, guna meningkatkan perekonomian.

Untuk memajukan ekonomi masyarakat sangat perlu di lakukan sosialisasi dalam memilih bibit tanaman yang akan di tanam baik itu tanaman tua maupun tanaman muda, semua itu sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

Diharapkan inovasi ini menjadikan masyarakat lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian mereka, apalagi di masa pandemi covid-19 dan perlu di lakukan pemulihan ekonomi warga binaan.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment