Lestarikan Nilai-Nilai Adat dan Budaya, Sertijab 30 Kepsek di 50 Kota Gunakan Pakaian Adat

INFO|Limapuluh Kota – Sebanyak 30 Kepala Sekolah SMPN dilingkungan Dinas Pendidikan 50 Kota melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara kolektif di aula SMPN 1 Dangung-Dangung  kecamatan Guguak, Senin (31/1/2022).


Hadir pada kesempatan itu Kadis Pendidikan Indrawati. Spd, Sekretaris Dinas Pendidikan 50 Kota, Forkompinca kecamatan Guguak, perwakilan guru dan Komite Sekolah.

Kadis Pendidikan 50 Kota, Hj. Indrawati S. Pd, M. MPd menekankan agar kepala Sekolah yang baru membuat Target Kinerja agar kegiatan yang dilaksanakan  menjadi terukur.

“Tidak perlu banyak tapi ada bukti” ujar Indrawati

Kepada Kepala Sekolah yang di mutasi, lanjut dia mengingatkan agar kepala sekolah tidak ada yang bersedih karena mutasi sebenarnya adalah garis kehidupan yang sebenarnya sudah ditetapkan oleh Allah. SWT.

“Semuanya pasti ada hikmah untuk membuat kita menjadi lebih baik lagi.
Pihak Dinas dan Bupati hanya melaksanakan tugas untuk mengatur agar kualitas pendidikan di 50 Kota menjadi meningkat dan merata’ ucapnya

Kadis berharap kepsek yang di mutasi lebih bersemangat di tempat tugas yang baru karena dengan mutasi terbuka peluang baru untuk berkarya dan melahirkan ide-ide baru.

Sementara itu Pengawas SMP Nala Atmaja menjelaskan Pemerintah mengubah kembali Standar Nasional Pendidikan. Tertuang dalam PP 4 tahun 2022 tentang Perubahan PP 57 tahun 2021 tentang SNP.

Perubahan Peraturan Pemerintah ini menyempurnakan Peraturan sebelumnya diantaranya dalam hal muatan pendidikan Pancasila hingga kurikulum pendidikan lebih selaras dengan UU Pendidikan Tinggi yang ada.

Ketua Panitia acara Ahmad Guntur. Spd saat di temui Media menjelaskan bahwa acara sertijab ini dilaksanakan kolektif agar lebih efektif dan menghemat anggaran.

Menurut Guntur Sertijab ini terlaksana tanpa menggunakan anggaran sekolah tetapi iuran dari kepala Sekolah yang terlibat mutasi.

“Inisiatif acara ini murni datang dari para Kepala Sekolah yang dimutasi  ujar Guntur”.

Bupati Saparuddin Dt. Bandaro Rajo yang berkesempatan hadir di ujung acara  dalam sambutannya mengharapkan agar Kepsek Sekolah Penggerak dapat berperan maksimal dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas serta bisa menjadi mentor bagi guru-guru yang lain untuk mampu menjadi guru penggerak.

Sekretaris Ormas Pekat IB Delfitra  ikut hadir dalam acara serah terima jabatan kepala sekolah, melihat acara ini baru sebatas seremonial karena desakan waktu agar kegiatan sekolah tidak terganggu.

Namun dalam hal ini, Delfitra memuji kreatifitas Panitia acara yang kompak dalam mensukseskan acara. Bahkan Panitia juga mengangkat pelestarian nilai-nilai adat pada acara Sertijab memakai Baju Kuruang Basiba bagi kepsek yang perempuan.

“Hal ini selaras dengan program Bupati Saparuddin Dt. Bandaro Rajo selaku tokoh adat Luak Nan Bungsu yang sangat perhatian dalam melestarikan nilai-nilai adat istiadat Minang” sebutnya.


Editor : Heri Suprianto

 

Leave a Comment