Jadikan Berbagai Jenis Kerajinan, Babinsa Sikakap Rangkul Pemuda Manfaatkan Potongan Kayu Untuk Penghasilan

INFO|SIKAKAP – Sebagai seorang Babinsa harus dapat melihat Potensi apa saja yang dapat di jadikan penghasilan bagi masyarakat yang belum memiliki penghasilan tetap atau anak remaja yang putus sekolah yang belum memiliki pekerjaan sama sekali di wilayah Desa Binaannya.


Untuk memotivasi warga binaan yang belum memiliki penghasilan tetap, Babinsa Koramil 04/Sikakap, Kodim 0319/Mentawai sertu Havid mengajak Pemuda untuk memanfaatkan limbah kayu atau sisa potongan kayu.

Potongan kayu yang di kumpulkan ini bertempat di salah satu pemilik usaha pengrajin kayu, yang bernama Pak Edo, di Desa Sikakap Kecamatan Sikakap.

Memanfaatkan sisa potongan kayu ini, dapat digunakan menjadi vas bunga, asbak ,alas kaki dan jam dinding dari kayu, yang pastinya di butuhkan keahlian agar memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat di pasarkan.

“Intinya, pemuda serius dan berniat untuk melakukan kegiatan inovasi ini, kalau sudah di fokuskan, pasti bisa” terangnya.

Apalagi bahannya sangat mudah di dapatkan tidak perlu beli dan tidak perlu ke hutan atau menebang pohon untuk mencari bahan bakunya yang akan di olah menjadi karya kerajinan tangan.

Babinsa juga menyampaikan
kreatifitas sangat di butuhkan untuk mendapatkan suatu pekerjaan atau sebagai penghasilan maka dari itu bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan harus bisa berkreasi sampai nantinya mendapatkan pekerjaan tetap.

Langkah seperti tidak lagi membebani orang tua mereka, kerena dengan berinovasi untuk menghasilkan pendapatan setidaknya bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka sendiri dan di harapkan dapat berkembang usaha seperti ini, tutupnya (Pendim).


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment