Inovasi Babinsa Muara Siberut Ajak Warga Perbaiki Kapal Kelompok Nelayan Agar Bisa Melaut

INFO|MENTAWAI – Tugas Babinsa di wilayah binaannya tak terlepas dengan memberikan edukasi, pemberdayaan agar masyarakat bisa lebih berinovasi dalam rangka menunjang perekonomian keluarga, Kamis (6/1/2022).


Apalagi di masa pandemi ini, untuk peningkatan ekonomi agak masih sulit, karena semuanya masih dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan aktivitas.

Meski demikian, Babinsa Koramil 02/Muara Siberut tak putus asa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khusus bagi kelompok nelayan Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan yang belum bisa melaut.

Pada kesempatan itu, Danramil 02/Muara Siberut, Kapten Czi.Masri menyampaikan, bawah kegiatan yang di lakukan babinsa memberikan sosialisasi dan motivasi kepada kelompok nelayan yang belum bisa melaut.

Dalam sosialisasi itu, sebut Danramil Babinsa memberikan dorongan kepada kelompok nelayan Desa Maileppet untuk tetap semangat, karena selama ini hasil tangkapan kurang maksimal, akibat kapal yang di bawa ada yang rusak juga ada dalam perbaikan.

Agar kelompok nelayan tidak patah semangat, Babinsa berikan solusi dengan cara mengajak para nelayan untuk bersama-sama merehab atau memperbaiki kapal yang rusak, agar bisa di gunakan kembali menangkap ikan.

“Setidaknya ketika sudah selesai di rehab, para nelayan bisa beraktivitas mencari ikan di laut untuk memenuhi kebutuhan keluarga selain di pasarkan” tuturnya.

Kondisi seperti ini, Babinsa terus memonitoring keluhan masyarakat, agar dapat memberikan solusi untuk mengajak warga binaannya lebih semangat dan berinovasi dalam meningkatkan ekonomi di masa pandemi, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment