Babinsa Sipora Bersama Kadus Turun Lokasi Selesaikan Polemik Batas Lahan Warga

INFO|MENTAWAI – Perbatasan lahan sering menjadi pemicu permasalahan di tengah masyarakat, agar tidak terjadi polemik, Babinsa Koramil 03/Sipora, Kodim 0319/Mentawai, Sertu Osten turun kelapangan memberikan pemahaman kepada warga binaannya.


Dalam penyelesaian batas lahan antar warga binaan tersebut, Babinsa Sertu Osten Sinaga dampingi Kepala Dusun Jati, Desa Tuapeijat secara bersama-sama ke lokasi batas lahan antara Bapak Yesaya dengan Arkikius.

Sering terjadinya persoalan terkait batas lahan, selama ini hanya sebatas dua belah pihak tanpa ada saksi saat penentuan tapal batas lahan, sehingga di kemudian hari menjadi polemik antara sesama pemilik lahan.

Untuk menentukan batas lahan yang di permasalahkan tersebut di hadirkan saksi seperti tokoh masyarakat dan pemerintahan Desa, guna mengantispasi terjadinya persoalan.

Nah, ketika lahan sudah jelas batasnya, maka kedua belah pihak pemilik lahan sudah bisa mengolah lahannya tanpa ada keributan atupun ancaman dari pihak manapun.

Meski sebelumnya pernah terjadi saling klaim terkait batas lahan, sehingga salah satu pihak pemilik lahan tidak terima dengan hasil putusan, maka dengan duduk bersama bisa diselesaikan dengan secara musyawarah tanpa ada keributan.

“Prinsipnya kita harus bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah, ketika terjadi persoalan mari kita bersama merembukannya dan carikan solusi” ujar Sertu Osten Sinaga.

Dalam penyelesaian batas lahan ini, diharapkan semua yang hadir menyaksikan penentuan batas lahan tersebut dapat menerimanya tanpa ada unsur paksaan, sehingga warga binaan bisa rukun kembali seperti semula tanpa ada gesekan, harap Osten Sinaga, (Pendim).


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment