TKA China Kembali Diizinkan Masuk Indonesia, PKS: Keadilan Masyarakat Tercederai

 

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.(ist)

INFONUSANTARA.NET — Politisi PKS, Mardani Ali Sera menanggapi soal 34 tenaga kerja asing (TKA) China yang diizinkan pemerintah masuk ke Indonesia di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Menurut Ketua DPP PKS ini, pemerintah harusnya konsisten dalam menegakkan aturan PPKM Level 4. Aturan tersebut, kata Mardani, selain tegak bagi rakyat sendiri juga perlu tegas pada warga negara asing.

“Pergerakan apalagi dari luar negeri sangat berpotensi untuk merusak hasil PPKM,” ujar Mardani Ali Sera, Senin 9 Agustus 2021 sebagaimana dilansir dari terkini.id dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Selain itu, Mardani juga menilai izin masuk bagi TKA China merupakan keputusan yang telah mencederai rasa keadilan masyarakat.

Bahkan, menurut Mardani, alasan TKA dizinkan masuk karena memiliki izin tinggal terbatas (ITAS) juga tidak bisa dibenarkan.

“Jika mereka punya ITAS, WNI lebih kuat punya KTP, tapi tetap diminta stay at home. Ini (izin masuk TKA China) kebijakan yang mencederai keadilan publik,” tegasnya.

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS ini pun mengaku heran mengapa pemerintah berulang kali mengizinkan TKA China masuk ke Indonesia di tengah situasi Covid-19 yang makin mengkhawatirkan.

“Ini sudah kejadian yang berulang. Ada apa dengan pemerintah?,” tutur Mardani.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara menjelaskan bahwa 34 TKA China itu sudah memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

“34 TKA asal Tiongkok tersebut juga telah mendapat rekomendasi untuk diizinkan masuk dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno Hatta,” ujarnya.

Leave a Comment