Tekan Angka Pembuangan BAB Sembarangan, Satgas TMMD Sosialisasi Tentang STBM Kepada Masyarakat

MENTAWAI,infonusantara.net– Dalam rangka menciptakan lingkungan bersih, Satgas TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai luncurkan program pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kegiatan ini di selenggarakan di Dusun Sirokdak, Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan di hadiri petugas Kesehatan Puskesmas Siberut Selatan, para Bidan, Kepala Desa, perangkat Desa, Ibu Kader Posyandu dan penggerak PKK, serta perwakilan warga masyarakat Dusun Sirokdak

Pasi Ter Kodim 0319/Mentawai, Letda.inf.James Sibarani menyebut, masyarakat yang belum memiliki jamban di berikan sosialisasi terkait dengan STBM, agar dapat memahami hidup sehat dan  lingkungan yang bersih.

“Dengan memiliki sarana jamban tiap masing-masing keluarga sesuai standar kesehatan dapat menurunkan angka buang air besar sembarangan” kata James Sibarani.

Dikatakan, kegiatan ini di selenggarakan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Kegiatan ini untuk meningkatkan akses kebersihan serta kesehatan lingkungan masyarakat, agar tidak sembarangan membuang air besar” kata James Sibarani.

Penyelenggaraan program pemicuan STBM langsung di lakukan di rumah-rumah warga yang berada di Dusun sirokdak, Desa Muara Siberut Selatan.

“Masyarakat Dusun sirokdak harus bisa menciptakan lingkungan bersih dan sehat agar tidak mudah terkena penyakit” tuturnya.

Program ini menuju masyarakat sehat dan sejahtera, maka perlu menjaga kesehatan baik secara individual maupun lingkungan masyarakat , karena kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat” pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment