Dinkes Mentawai Bersama Satgas TMMD Berikan Penyuluhan PTM Kepada Masyarakat

MENTAWAI,infonusantara.net – Sasaran non fisik pada kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai, Satgas TMMD Gandeng Dinkes Mentawai berikan penyuluhan kesehatan di Aula Kantor Desa Sipora Jaya, Senin 15 Maret 2021.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini di ikuti sebanyak 30 warga Desa setempat dengan sasaran pemberian materi terkait bahaya Penyakit Tidak Menukar (PTM) yang akan mengintai warga jika tidak menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda.inf.James Sibarani menyebutkan, kegiatan penyuluhan Kesehatan ini merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai.

“Penyuluhan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat serta upaya menekan angka DM di wilayah kecamatan Sipora Utara, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat’” ucapnya

Sementara Penyuluh Kesehatan dari Dinas Kesehatan Mentawai, Endi mengungkapkan, DM atau kencing manis sering ditandai dengan air seni penderita di kerubuti semut karena kencing yang mengandung gula.

Ciri penyakit diabetes melitus  tipe 1 dan tipe 2 diantaranya sering merasa haus, sering buang air kecil,  sering lapar ekstrim, menurunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, pandangan kabur, dan luka yang sulit sembuh.

Dari penjelasan itu, tim kesehatan mengajak warga setempat untuk rutin mengunjungi Pos Binaan Terpadu (Posbindu) minimal 3 (tiga) bulan sekali guna mengecek riwayat kesehatan.

“Kalau dapat bisa sedini mungkin untuk melakukan pengecekan guna mengendalikan penyakit mematikan ini” kata dia mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment