Bantu Nelayan Angkat Ikan, Satgas TMMD Berikan Pemahaman Soal Ekosistem Laut

MENTAWAI,infonusantara.net – Sebagai bentuk kepedulian TNI untuk membantu masyarakat, satgas TMMD turun ke lokasi penjualan ikan yang terletak di TPI km.2 tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Jumat (19/3/2021).

Di lokasi penjualan ikan, satgas TMMD tak segan untuk membantu pemilik lapak memecahkan es pendingin ikan sekaligus mengangkat ikan dari kapal yang akan di jual di TPI.

Prada Ayub mengatakan, selain melaksanakan kegiatan sasaran fisik TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai banyak aktivitas lain yang di kerjakan untuk membantu masyarakat salah satunya membangun keakraban dengan penjual ikan di pasar.

“Kali ini kita menjalin keakraban dengan nelayan dan masyarakat penjual ikan, ini merupakan salah wujud peran serta TNI guna menciptakan kemanunggalan dengan warga” kata Prada Ayub.

Di lokasi lapak ikan, lanjut Prada Ayub bersama rekan TNI lainnya di sela kegiatan TMMD meluangkan waktu setiap hari untuk membangun komunikasi dengan warga, kali ini dengan para nelayan dan masyarakat penjual ikan.

Selain membantu nelayan, pihaknya juga memberikan pemahaman soal menjaga kelestarian laut agar tidak punah dan merusak ekosistem laut dengan cara yang dilarang menangkap ikan.

“Prinsipnya para nelayan ketika melakukan aktivitas menangkap ikan tidak boleh melakukan pemboman dengan menggunakan bahan peledak” sebutnya

Dia mengajak para nelayan termasuk masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian laut, jangan di rusak agar bisa di nikmati anak cucu kelak.

Disisi lain laut merupakan sumber penghasilan bagi nelayan serta tempat menyambung hidup, bahkan semua masyarakat, kalau ekosistim laut di rusak maka biota yang ada akan musnah dan tidak bisa lagi menikmati ikan, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment