Dukung Ekspor Ikan, Pj Bupati Ajak BKIPM Bangun Kantor Cabang di Mentawai

 

INFO|MENTAWAIGuna mendukung ekspor hasil laut di bumi sikerei, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St,S.Pi.,M.Pi ajak pihak Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) bangun kantor cabang di mentawai.


Hadirnya kantor cabang BKIPM di mentawai nantinya akan membantu percepatan perekonomian masyarakat, dalam hal ini bersinergi dengan stakehoder untuk mendukung ekspor perikanan.


Hal itu di sampaikan Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak yang di dampingi kepala bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Benny Sinaga, S.Kom saat koordinasi di kantor BKIPM Padang, Minggu, (9/7/2023).


Dia mengatakan, ekspor merupakan bagian dari upaya percepatan ekonomi masyarakat di Kepulauan Mentawai, maka dari itu kita harus terus bergerak dan bersinergi dengan stakeholder dalam mendukung ekspor hasil laut.


“Koordinasi yang kita lakukan ini dalam upaya melakukan pengiriman hasil laut di Mentawai dengan membuka jalan kerjasama ekspor serta menguatkan kemitraan dengan para pengumpul hasil laut di mentawai. Harapan kita pelaku usaha lokal bis menjadi eksportir” tuturnya.


Tak hanya itu, untuk proses pengiriman hasil laut juga perlu mengetahui dan memahami kiat-kiatnya. Maka itu perlu adanya penguatan melalui BKIPM agar tercipta mutu yang sesuai dengan permintaan para pembeli, ujarnya.


Disisi lain, dengan beroperasinya Bandar Udara Mentawai akan membuka peluang untuk pengiriman hasil laut, sehingga pengumpul hasil laut Mentawai kedepan mampu memutus mata rantai distribusi yang selama ini hanya sampai di Padang.


Harapan kita dengan di buka kantor cabang Satuan Kerja (Satker) BKIPM di Sipora, data terkait hasil produksi hasil laut bisa terdata, bahkan pembinaan mutu hasil laut bisa terjadi di mentawai.


Nah, dalam hal ini pelaku usaha nantinya bakal mendapat kemudahan dalam penerbitan sertifikat hazard Analysis Critical Control Poin ( HACCP ) serta cara karantina ikan yang baik (CPIB), Instalasi Karantina Ikan (IKI) dan lainya, imbuhnya.


Ditempat yang sama, Kepala Kantor BKIPM Padang, Abdur Rohman menuturkan, menindaklanjuti koordinasi yang di lakukan ini, pihaknya akan agendakan kunjungan ke Mentawai untuk memastikan lokasi pembangunan kantor BKIPM di Mentawai.


“Kehadiran kantor cabang BKIPM ini nantinya, kita berharap dapat membantu penguatan mutu dan keamanan hasil laut di Mentawai” tuturnya.


Seperti di ketahui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan hasil perikanan merupakan unsur pendukung pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan bertanggung jawab kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, (yy,wr).


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment