Hadiri Rakor di Sumbar, Pj Bupati Mentawai : Kita Akan Segera Bahas RAB Pilkada 2024

INFO|PADANG Guna menyamakan persepsi penyelenggaraan pemilu, Provinsi Sumbar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan Dekosentrasi tugas dan wewenang Gubernur sebagai wakil pemerintah Pusat.


Kegiatan di buka Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy bertempat di The Zuri Hotel Manajement (ZHM) Premiere Padang, Rabu (26/07/2023).


Audy Joinaldy menyampaikan, kegiatan rakor ini untuk menyamakan presepsi dengan pemerintah daerah dalam menyukseskan pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang.


“Ada tiga hal yang perlu di dukung penuh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yaitu anggaran, stabilitas dan keamanan serta sosialisasi Pilkada 2024″ sebutnya.


Dikatakan, penyelengaraan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang anggarannya di bebankan kepada APBD sangat di butuhkan dukungan anggaran dari segala bentuk pendanaan.


Nah, untuk mengurangi beban pemerintah daerah, maka perlu di lakukan sharing anggaran antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota, ujarnya.


Tak hanya itu, kegiatan rakor ini juga membahas tentang standar harga dana hibah pilkada yang mengacu kepada standar harga biaya anggaran APBN.


Ditempat yang sama Kasubdit Pelaksana dan pertanggungjawaban wilayah I Kementerian Dalam Negeri, Zainal Ahmad mengatakan, sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016, pendanaan pilkada dibebankan pada APBD Provinsi dan APBD kabupaten/Kota.


“Efisiensi pendanaan pilkada dilakukan pembiayaan bersama secara proporsional antara provinsi, Kabupaten dan kota disesuaikan dengan beban kerja masing-masing daerah yang dikoordinasikan dengan gubernur, “ujarnya.


Sementara Pj.Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak menyampaikan, kegiatan ini, pihaknya akan segera menindaklanjuti kesepakatan hasil rakor pelaksanaan dekonsentrasi tugas dan wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat.


Dikatakan, terkait soal dukungan anggaran, Pemkab Mentawai akan segera jadwalkan pembahasan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) pilkada bersama KPU.


“Semoga kegiatan yang sudah direncanakan ini dapat berjalan dengan lancar serta pelaksanaan pemilu 2024 mendatang berjalan sukses” harapnya.


Rakor ini selain di hadiri Pj Bupati Mentawai juga di dampingi Sekretaris Daerah Martinus Dahlan, Ketua KPU Mentawai Saudara Halomoan Pardede, Kepala Badan Keuangan Rinaldi, dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Rikson,(yy,ng)


Editor : Heri Suprianto.

Leave a Comment