Tinjau Bandar Udara Mentawai, Ini Pesan Kemenhub Kepada Pj Bupati

INFO|MENTAWAIKunjungan Kerja (Kunker) Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam rangka peninjauan Bandar Udara Mentawai sampaikan pesan kepada Pj Bupati Mentawai agar aktif membuat event bermanfaat untuk penunjang destinasi wisata.


Dalam kunjungan nya itu Menhub di dampingi Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah dan Direktur Bandar Udara Syamsu Rizal di dambut langsung Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak di hadiri unsur Forkopimda Mentawai dan para Kepala OPD.

 

“Bandar Udara Mentawai (BUM) yang terletak di Rokot, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat ini akan segera diresmikan Presiden Jokowi” sebut Menhub saat tinjau bandara, Minggu (13/8/2023).


Dia mengatakan, kunjungan ke bumi sikerei ini guna menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3 T salah satunya mentawai dan tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikan pemanfaatannya dengan baik.


“Saya sudah 3 kali datang ke Bandar Udara Mentawai mulai proses sebelum di bangun, sedang di bangun hingga sekarang ini, untuk mengawal agar berjalan dengan maksimal” ucap Budi Karya.


Pemanfaatan bandara ini, Menhub sampaikan pesan kepada Pj Bupati agar aktif membuat event dengan memanfaatkan bandara yang sudah bagus ini artinya harus meng-create kegiatan tertentu agar daerah ini menjadi destinasi wisata, tuturnya.


Lebih lanjut di katakan Budi Karya, bahwa bandara udara Mentawai baru saja rampung dan sekarang hanya menunggu penerbitan sertifikat bandar udara


Menhub juga mengungkapkan, Bandara Udara Mentawai baru saja di selesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara. 


“Bandara Udara Mentawai yang baru ini siap di operasikan tahun ini, kemungkinan bulan depan Bapak Presiden akan datang ke sini” sebutnya.


Dia menjelaskan, bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapastitas maksimal 78 Penumpang.


Sebelumnya bandara perintis yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.


“Dengan Kapasitas pesawat tampungannya lebih besar dari 12 menjadi 78 orang sekali terbang, kita berharap kehadiran bandara baru ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai” harapnya


Dia menambahkan, selain daerah pulau terluar, Mentawai juga merupakan daerah tujuan wisata yang terkenal dengan ombak nomor dua setelah hawai, dimana ombak mentawai ini diburu para penggemar olahraga surfing. Nah, permintaan penerbangan akan cukup tinggi nantinya.


Dikesempatan yang sama, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kemenhub serta rombongan dan sekaligus secara bersama mengecek bandara baru ini.


“Kami yakin kehadiran bandara baru ini akan mendongkrak tingkat pengunjung yang akan datang di kepulauan mentawai dengan julukan nama bumi sikerei ini” kata Pj Bupati dengan optimis


Pengunjung yang akan datang ke mentawai ini khususnya wisata Domestik, akan tetapi di harapkan meningkatnya kunjungan bukan hanya di sektor pariwisata saja, akan tetapi sektor yang lain seperti UMKM.


“Kita optimis UMKM yang ada di mentawai juga akan ikut tumbuh dan berkembang dengan kehadiran bandar udara mentawai yang baru ini” tutupnya, (yy,bs/Ers).



Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment