70 Anggota Paskibraka di Kukuhkan PJ Bupati Mentawai

INFO|MENTAWAIPj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak mengukuhkan 70 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten di Aula Kantor Bappeda Mentawai, Selasa (15/8/2023).


Seluruh anggota Paskibraka tersebut nantinya akan bertugas mengibarkan bendera merah putih saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di halaman kantor Bupati Mentawai, Kamis 17 Agustus 2023.


Sebelum dikukuhkan, anggota Paskibraka mengucapkan janji sekaligus PJ Bupati Mentawai menyampaikan peryataan pengukuhan untuk para anggota paskibraka.


Selanjutnya PJ Bupati Mentawai, secara simbolis menyematkan lencana pengukuhan kepada anggota Paskibraka asal Simatalu, Siberut Barat, Via Nathalia Gozay Sakerebau yang merupakan pelajar SMAN 2 Sipora.


“Atas nama Pemerintah, saya menyampaikan selamat kepada ananda semua, yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Mentawai” ucap PJ Bupati dalam amanatnya.


Dia menyebut, pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan ananda sekalian yang tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya momentum peringatan Hari ulang tahun ke-78 proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2023.


“Jiwa Nasionalisme, Patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus dijadikan sebagai kepribadian dan senantiasa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari” ucapnya.


Nah, sebagai putra-putri Indonesia, ananda semua harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat dan banggakan asal daerah kalian melalui kontribusi -kontribusi positif dimasa yang akan datang.


Selain itu, PJ Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada orang tua anggota paskibraka yang senantiasa mendoakan, mendukung dan memotivasi anak-anaknya, sehingga mampu bertahan selama proses pemusatan pendidikan dan pelatihan yang berat.


Melalui proses yang berat itu hingga saat ini di kukuhkan dan di beri amanah serta kehormatan untuk mengemban tugas mengibarkan duplikat bendera pusaka tingkat kabupaten mentawai pada Hari Ulang Tahun ke-78 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai” tuturnya.


“Semoga jiwa kepemimpinan, kepeloporan dan semangat bela negara yang telah ditanamkan selama proses latihan dapat tumbuh kuat, sehingga ananda semuanya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang luar biasa melalui bidang masing-masing” ujarnya.


PJ Bupati berpesan kepada anggota paskibraka untuk menanamkan dalam hati prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara republik Indonesia, harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negara, serta berusaha menjadi teladan yang baik bagi umat manusia di manapun berada.


“Jadikan semangat kebersamaan dan gotong royong sebagai kunci dalam membangun negeri kita tercinta. Toleransi dan tolong menolong sebagai landasan  untuk menjalin persaudaraan serta mempererat persatuan dan kesatuan” tutupnya mengakhiri, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment