Paskibraka Asal Simatalu Via Nathalia Gozay Haru dan Bangga Jadi Pembawa Baki Saat Upacara HUT ke-78 RI

INFO|MENTAWAIRasa haru dan bangga terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka pada upacara perayaan ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia ke-78 tingkat Kabupaten Mentawai.


Hal itu di rasakan salah satu anggota Paskibraka asal Simatalu, Siberut Barat, Via Nathalia Gozay Sakerebau yang duduk di bangku kelas III SMAN 2 Sipora anak pasangan dari Kornelius Gozay dan Paulina Takjiningen Saruru.


Via Nathalia Gozay Sakerebau yang akrab di sapa Via menceritakan pengalamannya selama mengikuti proses latihan hingga sampai pelaksanaan pengibaran bendera merah putih.


Selama mengikuti proses latihan yang di mulai dari tanggal 19 juli hingga 15 Agustus 2023 banyak ilmu yang di dapat, meski latihan di lakukan secara militer, namun memberikan hasil yang maksimal.


“Memang menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) ini tidaklah mudah, karena selama latihan kita di latih disiplin, di uji kesabaran layak seperti militer” sebut Via kepada media usai upacara HUT ke-78 RI di kantor Bupati Mentawai, Kamis (17/8/2023).


Selama menjalani latihan bersama rekan-rekan lainnya, Kami semua di tuntut disiplin dan latihannya memang agak keras, bagi anggota paskibraka melakukan kesalahan di beri hukuman seperti push up, lari dan yang lainnya.


Meski latihannya seperti militer, namun kami sebanyak 70 anggota paskibraka berhasil memberikan yang terbaik dalam pengibaran bendera pusaka di halaman kantor Bupati Mentawai.


“Memang awalnya saya tak menyangka terpilih pembawa baki bendera, namun setelah di instruksikan oleh pelatih saya optimis, bahwa saya harus bisa melaksanakannya” ucap Via.


Perjalanan mengikuti latihan menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka ini ada suka dukanya, namun memberikan yang terbaik bagi kami dan tinggal melanjutkan cita-cita kedepan.


“Saya nantinya berkeinginan menjadi salah seorang Polisi Wanita (Polwan) atau Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), semoga cita-cita saya ini tercapai” sebut Via dengan mengucapkan Amin.


Pengibaran bendera merah putih yang berlangsung di halaman kantor Bupati Mentawai berjalan dengan sukses dan para undangan memberikan apluse kepada anggota Paskibraka, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment