Sangat Meriah Dan Sangat Sederhana Memperingati Hari PMI Nasional Ke 78 di Markas PMI Kota Padang

Ketua PMI Kota Padang Zulhardi Z Latif bagikan potongan nasi tumpeng pada peringatan Hari PMI ke 78 di Markas PMI Kota Padang.Minggu (17/9/2023).

INFONUSANTARA.NET — Hari Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu peringatan kemanusiaan yang penting di Indonesia. Peringatan Palang Merah Indonesia diperingati setiap tanggal 17 September secara nasional di seluruh Indonesia. 17 September 1945 – 17 September 2023 PMI telah berusia ke 78.

Memperingati Hari Palang Merah Indonesia ke 78 ini, PMI Kota Padang melaksanakannya secara sederhana dengan syukuran pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua PMI Kota, Zulhardi Z Latif di Markas PMI Kota Padang di Nagari Tarandam Kelurahan Sawahan Kecamatan Padang Timur, pada Minggu malam (17/9).

Pada peringatan Hari PMI ini dihadiri oleh Ketua PMI Kota Padang, Ketua PMI Kecamatan se Kota Padang, Kepala Markas PMI Kota Padang, KSR se Kota Padang, Relawan PMI Kota Padang, pengurus PMI Kota Padang,Pengurus PMI  Provinsi Sumbar diwakili oleh Wakil kepala markas PMI Sumbar,Ketua LPM Sawahan,RT,RW, tokoh masyarakat Kelurahan Sawahan Kecamatan Padang Timur.

Ketua PMI Kota Padang Zulhardi Z Latif mengatakan, dengan 78 tahun usia PMI dalam melaksanakan tugas lebih ditingkatkan lagi, semakin tumbuh semakin kuat ditubuh PMI. Seperti moto kita yaknj ‘Menolong Sepenuh Hati’.

Untuk tahun ini kita akan melaksanakan puncak HUT PMI, pada Minggu (24/9) di lapangan Villa Mega Mata Air Kecamatan Padang Selatan dengan melaksanakan apel pagi dipimpin oleh Walikota Padang Hendri Septa. 

Pada puncak acara HUT PMI tahun ini dari PMI Kota Padang sekaligus dilakukan launching program Kesdorah (Kecamatan Sadar Donor Darah) di Kecamatan Padang Selatan. 

“Program Kesdorah ini khusus dilaksanakan untuk warga Kecamatan Padang Selatan. Dimana Camat Padang Selatan bersama PMI Kecamatan Padang Selatan bersinergi mencari warga yang mau berdonor darah dor to dor langsung ke warga. Ini akan menjadi data khusus di input di kecamatan nantinya. Kita berkomitmen bagaimana nantinya PMI di Kecamatan lebih maju lagi,”katanya.

Pada rangkaian puncak HUT PMI kali ini, dari PMI Kota Padang juga memberikan piagam penghargaan kepada beberapa orang tokoh peduli kemanusiaan. 

“Kita dari PMI akan memberikan piagam penghargaan salah satunya kepada bapak Amril Amin Wakil Ketua DPRD Padang, sebagai tokoh peduli kegiatan kemanusiaan. Dan ia juga merupakan Ketua Dewan Kehormatan PMI Kecamatan Padang Selatan,” jelasnya.

Dan mungkin tahun depan 2024 untuk memperingati HUT PMI ini akan dilaksanakan di kecamatan yang lainnya di Kota Padang ini. Akan kita gilir di PMI kecamatan se Kota Padang. Kita berusaha melaksanakan kegiatan sangat meriah dan dengan sangat sederhana.

Disamping itu kata Zulhardi Z Latif dari PMI Kota Padang, kita berencana akan melakukan kerjasama dengan Mini Market Aciak Mart yang dipimpin oleh bapak Amril Amin yang saat ini sudah berkembang ada di beberapa tempat di Kota Padang.

“Kerjasama ini untuk bantuan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PMI Kota Padang. Sistemnya nanti kepada para konsumen yang berbelanja di Aciak Mart akan ditawarkan melalui kasir dari kelebihan uang receh belanjaan konsumen untuk di salurkan melalui rekening PMI Kota Padang yang akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan,” ungkap Zulhardi.(bim)

 

Leave a Comment