Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Tahap II Tahun 2023 Dari Bapnas di Launching Pj Bupati Mentawai

INFO|MENTAWAI – Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus di penuhi, karena pangan ini sumber energi dalam mempertahankan hidup.

Untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, pemkab mentawai melalui Dinas Sosial bekerjasama dengan Badan Pangan Nasioanal (Bapnas) launching penyaluran bantuan pangan cadangan bertempat di Aula Desa Tuapeijat, Sabtu ( 14/10/2023).

Launching penyakuran bantuan pangan cadangan di hadiri langsung PJ Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, Asisten I Bidang Ekonomi Lahmuddin Siregar, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Candra Dewi, Kepala Desa Tuapeijat Pusuibiat. T. Oinan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat.

“Bantuan cadangan pangan ini dapat mengurangi pengeluaran masyarakat dan juga dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran” sebut Pj Bupati Mentawai dalam sambutannya.

Pemberian bantuan pangan cadangan ini, kata dia sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga, dan meningkatkan akses pangan bagi masyarakat, tuturnya.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Mentawai, Candra Dewi dalam laporannya menyampaikan, penyaluran bantuan pangan beras ini merupakan penyaluran bantuan tahap ke II tahun 2023.

“Bantuan yang di salurkan ini merupakan kerjasama pemkab mentawai dengan Badan Pangan Nasional (Bapmas) yang di salurkan melalui Kantor Perusahan Otoritas Surat (POS)” sebutnya.

Dia mengatakan, bantuan cadangan pangan yang di salurkan ini guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari–hari seklaigus membantu pengendalian harga beras di pasaran.

Untuk sasaran penerima bantuan cadangan pangan ini, kata dia di tetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional, dimana data penerima berasal dari Kementrian Sosial dengan jumlah penerima bantuan tahap II sebanyak 9.511 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 10 Kecamatan  Kepulauan Mentawai.

“Bantuan pangan cadangan yang di salurkan kepada masyarakat merupakan beras dengan kualitas medium sebanyak 10 kg” terangnya.

Data penyaluran bantuan di 10 kecamatan yang ada di kepulauan mentawai itu, untuk kecamatan Sipora utara di berikan sebanyak 950 KPM, Kecamatan Sipora Selatan 1.256 KPM, Kecamatan pagai utara, 850 KPM, Pagai Selatan 1.262 KPM, Sikakap 1.058 KPM.

Untuk di wilayah Siberut, Kecamatan Siberut Selatan sebanyak 921 KPM, Siberut Utara 945 KPM, Siberut Barat Daya 798 KPM , Siberut Barat 772 KPM dan Siberut Tengah 950 KPM, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment