Bakti Sosial, Karang Taruna Transmuda Sakti Desa Sipora Jaya Bekerjasama IDI Cabang Mentawai Gelar Sunatan Massal



INFO|MENTAWAI Karang taruna Transmuda Sakti Desa Sipora Jaya bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Mentawai melaksanakan sunatan massal di aula Kantor Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumbar, Sabtu (29/10/2023).


Sunatan massal di ikuti sebanyak 35 peserta di buka untuk umum dan antusias masyarakat sangat luar biasa. Peserta kinahtan ini mendapatkan uang saku dan kain sarung.

Ketua IDI Cabang Mentawai, Dokter Toni Ruslim menyebut, pelaksanaan sunatan massal ini dalam rangka hari jadi IDI ke-73 dan hari Sumpah pemuda ke-95 bekerjasama dengan karang taruna transmuda desa Sipora jaya.

“Sunatan massal ini di ikuti sebanyak 35 orang anak dan tidak di pungut biaya. Kegiatan tersebut sebagai wujud bakti sosial dalam membantu warga” sebut Toni.

Menurutnya momen bakti sosial sunatan massal ini sudah sangat cocok dilaksankan yang berbarengan dengan hari jadi IDI dan sumpah pemuda dan tenaga medis sunatan massal ini di siapkan sebanyak 9 orang.

Untuk peralatan sunatan massal menggunakan peralatan standar. Selain itu juga di himbau kepada anak-anak yang sudah sunatan dapat menjaga kebersihan, jangan di basahkan dulu, mengurangi bermain karena kondisinya belum stabil

Hal demikian di harapkan menjadi peran orang tua untuk mengontrol kesembuhan bagi anak yang sudah sunatan agar tidak  bermasalah kepada anak dan perlu memperhatikan kebersihan, perban, obatnya dan Betadine supaya areal yang di sunat di pastikan higienis. Soal makanan tidak ada pantangan, sebut Dokter Toni.

Pelaksanaan suntan massal ini di harapkan berkelanjutan nantinya dengan peran serta pemuda dan organisasi lainnya, bahkan memberikan pemikiran dalam membantu masyarakat melalui kegiatan bakti sosial.

Dia mengaku kegiatan seperti ini sangat kita dukung sekali dengan melihat kegigihan peran pemuda berkolaborasi melaksanakan kegiatan bersifat sosial ini yang dapat membantu warga.

Di tempat yang sama Kades Sipora Jaya, Lutfi Anto menuturkan, kegiatan sunatan massal ini sudah di laksanakan dua tahun berturut-turut bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kami dari pemerintahan desa Sipora jaya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan IDI cabang mentawai bersama krang taruna transmuda desa Sipora jaya, karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat” ucapnya.

Lebih lanjut di katakan Lutfi Anto kegiatan sunatan massal ini di selenggarakan terbuka untuk umum. Peserta sunatan massal tersebut panitia juga menyiapkan uang saku dan kain sarung kepada anak-anak.

Kegiatan sunatan massal ini kata dia tidak tertutup kemungkinan setiap tahun akan di laksanakan dan kita akan melihat antusias masyarakat, kalau peserta banyak akan di tambah kuotanya, ucap Lutfi mengakhiri, (Ers).


Editor : Tim Redaksi


Leave a Comment