Peningkatan Jaringan Irigasi Matobe-Makukuet Rampung, Pengairan Sawah Masyarakat Bakal Maksimal

INFO|MENTAWAIDalam menunjang peningkatan produksi sawah masyarakat, DPUPR Mentawai melalui Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) pada tahun 2023 bangun jaringan peningkatan irigasi di Matobe-Makukuet, Desa Sikakakap Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai, Sumbar.


Kegiatan ini dalam rangka pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang luasnya di bawah 1000 hektar dalam satu daerah, sedangkan sub-kegiatan peningkatan jaringan irigasi dan bangunan air lainnya.


Dalam kegiatan ini dikerjakan CV HD Jaya dengan nilai kontrak 1.535.788.000 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2023 pada Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas PUPR Mentawai.


Kepala Bidang PSDA DPUPR Mentawai, Jonsa menuturkan, peningkatan jaringan irigasi yang di bangun di wilayah Matobe-Makukuet ini merupakan kebutuhan masyarakat dalam pengairan persawahan.


“Pembangunan peningkatan jaringan irigasi yang berada di Matobe-Makukuet tahun 2023 ini sudah rampung dan sudah bisa di manfaatkan masyarakat” ucap Jonsa di ruang kerjanya, Rabu (1/11/2023).


Dia mengatakan, pembangunan irigasi yang sudah ada sebelumnya belum maksimal, sehingga tahun ini sesuai dengan permintaan masyarakat di lakukan pembangunan peningkatan jaringan irigasi, agar pengairan sawah semakin luas.


“Perluasan irigasi ini akan berdampak besar bagi masyarakat nantinya dalam meningkatkan produksi sawah” kata Jonsa.


Dia menyebut, dengan adanya program peningkatan irigasi pada tahun 2023 ini, sebagai bentuk upaya dalam memaksimalkan pengairan sawah dalam meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat.


Nah, dampak dari pembangunan peningkatan jaringan irigasi ini, kata dia sangat berdampak di lahan pertanian serta pengairan sawah masyarakat juga akan maksimal.


Selain itu juga masyarakat sangat berharap pengairan sawah dari tahun ke tahun hendaknya terus di aliri irigasi, sehingga nantinya akan berdampak kepada hasil produksi sawah, tutupnya, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment