Dua Desa Terima Bantuan Mobil, PJ Bupati Mentawai Harapkan Ada Stimulus Nyata di Tengah Masyarakat

INFO|MENTAWAIDua unit mobil pick up  L 300 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afrimasi Kementerian Desa Tertinggal di serahkan kepada Bumdes Putoroat, Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan dan Bumdes Sepakat, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.


Bantuan dua unit mobil dari Dinas Perhubungan Mentawai ini diserahkan PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak pada kegiatan bazar Desember ceria di homestay kawasan wisata Mapadeggat, Desa Tuapeijat, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumbar, Sabtu (2/12/2023).


Dia menuturkan, adanya bantuan moda transportasi darat berupa mobil yang diberikan kepada dua desa ini bisa meningkatkan pelayanan di tengah masyarakat.


Pelayanan yang bisa di lakukan pihak Bumdes ini bisa memudahkan anak sekolah, masyarakat, mengangkut hasil bumi termasuk kegiatan yang lain.


“Terpenting bantuan moda transportasi mobil ini tidak di gunakan untuk kegiatan ilegal” ucap Bupati.


Transportasi ini bagi pemerintahan desa banyak manfaat, sehingga masyarakat terbantu dan di harapkan ada stimulus nyata di tengah masyarakat untuk meringankan biaya.


Ditempat yang sama Plt Kadis Perhubungan Mentawai, Lahmuddin Siregar menjelaskan, anggaran dua unit mobil ini lebih kurang 500 juta yang bersumber dari DAK dan pengadaan ini sejak tahun 2017.


“Kalau secara data ada 26 unit mobil bantuan yang sudah di berikan kepada pemerintahan desa, tahun ini ada dua unit yang diserahkan” ucap Lahmuddin.


Dia menjelaskan, untuk bisa mendapatkan bantuan fasilitas harus memiliki badan usaha seperti Bumdes nanti sudah terdata baru di usulkan di kementerian dan tahun depan juga ada bantuan untuk daerah lain sebanyak 4 unit.


Adanya moda transportasi darat ini, kita harapkan dapat memudahkan masyarakat dengan biaya murah untuk membawa hasil bumi serta perekonomian meningkat” tukasnya, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment