Miris Fasilitas Belajar Daring, IPLM Sungai Tarab Bentuk Pusat Kegiatan Belajar Bagi Pelajar SD

 

Batusangkar,infonusantara.net – Dimasa pandemi covid-19 pelajar dituntut belajar jarak jauh (pembelajaran daring), namun fasilitas yang di butuhkan tidak semua bisa memilikinya.

Dengan kondisi yang dialami anak-anak sekolah dengan keterbatasan fasilitas, beberapa pemuda-pemudi di Jorong Lurah Ampang Kenagarian Pasir Lawas, Kecamatan sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar usulkan ide untuk membentuk sebuah lembaga yaitu pusat kegiatan belajar.

Berawal ide ini muncul dari Miftahful Fajri kemudian disusul beberapa rekan lainnya untuk memastikan membentuk tempat pusat kegiatan belajar bagi anak sekolah SD yang minim fasilitas dimasa pandemi covid-19.

“Saya melihat kondisi anak-anak sekolah dilingkungan tempat tinggal sangat miris sekali fasilitas untuk belajar daring dimasa pandemi covid-19, dimana siswa dipaksa untuk menggunakan android untuk pembelajaran “daring” sebut Miftahful Fajri kepada media, Rabu 25 November 2020.

Jadi, melihat kondisi pembelajaran daring yang semakin buruk, Miftahful Fajri bersama rekan lainnya membentuk perkumpulan yaitu zona mahasiswa, kemudian setelah melakukan progres di munculkan kegiatan namnya les grtais bagi anak kelas 1 SD, ujarnya.

Dari ide itu timbul keinginan bagi pemuda-pemuda yang belum ikut bergabung dengan antusias yang tinggi di lakukan rapat sekaligus p mbentukan panitia pemuda-pemudi jorong lurah ampang.

Dari hasil rapat, sebut Miftahful terbentuklah sebuah ikatan pemuda-pemudi Lurah Ampang, yang mana nama ikatan tersebut juga berganti dengan IPLM (Ikatan Pemuda-Pemudi Luramp Madani), tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam ikatan itu terdapat empat devisi diantaranya, Pendidikan, Ekonomi kreatif, Agama dan Humas, sebagai tenaga pengajarnya di Luramp Madani ini, pihaknya memberdayakan tenaga Mahasiswa dilingkungan Jorong.

Untuk jadwal pembelajaran di lakukan setiap hari jum’at bagi anak-anak SD yang ikut les secara gratis serta anak-anak di beri Snack dan makanan bergizi”.imbuhnya.

Terkait dengan biaya yang dikeluarkan mulai fasilitas buku, alat tulis, Snack dan makanan bergizi meruakan sumbangan dari masyarakat setempat, terangnya.

“Mudah-mudahan Luramp Madani ini bisa berguna bagi masyarakat banyak dalam membangun generasi yang mandiri dan kreatif serta memotivasi generasi muda lainnya” pungkasnya, (tim).

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment