Kunjungi Loaksi Banjir, PJ Bupati Mentawai Minta Warga Untuk Mengungsi Sementara

INFO|MENTAWAIPasca hujan lebat yang terjadi sejak malam, banyak rumah warga terkena banjir, bahkan ada yang terkena longsor parah di wilayah Sipora Utara, Kepulauan Mentawai.


Dari kejadian itu, PJ Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak bersama Forkopimda  menghimbau masyarakat Mentawai khususnya di wilayah Sipora utara yang berada di lokasi rawan banjir dan longsor termasuk di 9 kecamatan lainnya supaya meningkatkan kewaspadaan.


“Bagi warga yang berada di lokasi rawan tanah longsor untuk mengungsi sementara sampai curah hujan kembali normal” imbau PJ Bupati saat kunjungi lokasi banjir dan longsor, Rabu (21/2/2024).


Sementara warga yang tinggal dekat aliran sungai untuk tetap waspada, karena disisi lain muara sungai yang berada di wilayah Tuapeijat berhadapan dengan laut yang kebetulan posisinya pasang naik.


Nah, dari kejadian ini volume air akibat debet air hujan yang cukup tinggi tidak mengalir lancar ke laut, hal ini berpotensi terjadinya banjir, namun kejadian belum masuk dalam kategori banjir rob.


Dia mengatakan, setelah dilakukan penyusuran bersama unsur Forkopimda di lokasi daerah aliran sungai tidak ada penyumbatan yang cukup berarti, hanya saja volume airnya yang cukup tinggi, sehingga meluap ke pemukiman warga dan jalan.


Terkait ada satu unit rumah terkena longsor parah yang merupakan milik salah seorang pegawai inspektorat Mentawai berada di SP2, PJ Bupati menghimbau untuk melakukan relokasi sementara termasuk rumah yang berada di sekitar longsor.


“Rumah yang terkena longsor parah kita akan berikan santunan sosial melalui BPBD Mentawai atau Dinas Sosial” katanya.


Usai mengunjungi lokasi rumah yang terkena longsor, rombongan Forkopimda lanjut melihat kondisi air di jembatan Mapadegat hingga sampai di muara, kemudian di lanjutkan ke SP3 wilayah Desa Bukit Pamewa melihat jalan longsor menuju lapangan sepak bola.


Kondisi jalan tersebut sama sekali tidak bisa di lewati masyarakat, dimana posisi jalan parah terkena longsor, untuk sementara jalan yang di lalui masyarakat melewati jalan alternatif.


Dari lokasi jalan terkena longsor, rombongan Forkopimda menyambangi rumah warga yang terkena banjir yang berada di SP3 Desa Bukit Pamewa.


Dilokasi tersebut ada sekitar 10 rumah yang terkena banjir dan fasilitas rumah tangga banyak yang terbawa arus serta terendam, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Leave a Comment