Sosialisasi Penanggulangan Bencana, Satgas TMMD Gandeng BPBD Mentawai

MENTAWAI,infonusantara.net – Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai bekerjasama dengan BPBD Mentawai melaksanakan sosialisasi tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Aula Kantor BPBD Mentawai, Selasa (9/3/2021).

Dalam kegiatan penyuluhan terkait penanggulangan bencana ini pemateri langsung dari BPBD Mentawai yang disampaikan Kabid Kedaruratan dan Logistik, Amari, ada Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan di dampingi Pasi Ter Kodim 0319/Mentawai, Letda.Inf.James Sibarani.

Padi Ter Kodim 0319/Mentawai, Letda.Inf.James Sibarani menyebut, ma.teri dalam kegiatan sosialisasi itu para Nara sumber menyampaikan secara ringkas gambaran umum tentang penanggulangan bencana, perbedaan bencana alam dan non alam seperti konflik sosial dan Pengenalan terhadap bencana.

Sosialisasi itu di jelaskan apa itu bencana, dan apa saja jenis-jenis bencana, Konsep kejadian bencana, Pemberitahuan kejadian bencana di daerah, Analisis bencana di kabupaten Kepulauan Mentawai, Penyelenggaraan penanggulangan bencana, Cara mengenali bencana serta mengurangi resikonya serta Tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana.

“Bencana yang sering terjadi mentawai itu seperti banjir, tanah longsor, Kebakaran hutan lahan, gempa bumi, Abrasi, Cuaca ekstrim, Kemarau panjang dan wabah penyakit” ucapnya.

Meski demikian adapun bekerkembang informasi terkait tentang kebencanaan kalau bukan dari sumber terpercaya, mayarakat Jangan mudah terpancing isu bencana gempa bumi karena ada beberpa oknum yang memanfaatkan situasi

Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa Tuapejat Kecamatan Sipora utara, tutupnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment