Dua Kapolres Turun Langsung Antisipasi Ilegal Loging dan Pembakaran Hutan Diperbatasan Sumbar-Riau

INFONUSANTARA.NET — Dua Kapolres turun langsung dalam operasi kawasan hutan lindung untuk mengantisipasi Ilegal loging, pembakaran hutan di perbatasan Propinsi Sumbar dan Riau di kawasan hutan lindung jorong lubuk Kapiyek Nagari Aia Amo Kecamatan Kamang Baru perbatasan hutan lindung Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Riau, pada hari Selasa (09/03).

Dalam kegiatan operasi kawasan hutan lindung itu di pimpin oleh dua Kapolres di antaranya Kapolres Sijunjung Sumatera Barat AKBP Andry Kurniawan,Sik, Mhum, kemudian Kapolres Kuantan Singingi Riau AKBP Henki Purwanto,Sik,MM di ikuti oleh anggota Polisi kehutan dan anggota kedua Polres Sijunjung dan Anggota Polres Kuantan Singingi.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin yang di temui awak media mengatakan, memang benar pada hari ini Tim gabungan dua Polres di antaranya Polres Siijunjung yang di pimpin lansung oleh Kapolres Sijunjung Sumatera Barat AKBP Andry Kurniawan, Sik, Mhum, sedangkan Polres Kuantan Singingi dipimimpin Kapolres Kuantan Singingi Riau AKBP Henki Purwanto,Sik,MM,

Operasi tersebut dilakukan dengan adanya informasi dari masyarakat dengan maraknya ilegal loging di kawasan hutan lindung di daerah perbatasan tersebut,dan apa lagi dekat dengan musim kemarau,untuk mengantisipasi pembakaran hutan.

Dalam kegiatan itu dua tim gabungan polres dan polisi kehutanan tersebut melakukan, memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan penanaman pohon dilokasi-lokasi yang telah dirambah/ditebang kayunya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di hutan lindung tersebut.  

Adapun kayu yang ditanam berupa pohon durian,Gaharu, petai lebih dari 500 pohon yang ditanam di lokasi kawasan hutan lindung di Bukit Batabuh yang dilakukan komunitas peduli hutan yang berada di kawasan hutan yang bibit nya dibawa dari Perhutani Sumbar dan Riau. 


Dalam memberikan himbauan di pasang spanduk 10 buah untuk mengatisipasi ilegal loging dan pembakaran hutan dan lahan.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutkan. Di akhir kegiatan dilaksanakan pembagian bibit kepada masyarakat. Berupa bibit Durian, petai dan pohon gaharu, “papar Kasubbag Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin (*/MsX)

Leave a Comment