Kemampuan Survival Satgas TMMD Dalam Kondisi Apapun

MENTAWAI,infonusantara.net – Kemampuan survival adalah suatu dasar kemampuan yang harusnya dimiliki oleh semua orang. Survival dalam pengertiannya berarti bertahan hidup, tidak hanya di alam liar tapi di segala kondisi lingkungan yang ada termasuk juga lingkungan modern.

Selama kegiatan TMMD berlangsung inilah yang di lakukan satgas TMMD dengan meluangkan waktu bersama masyarakat memasak dan makan bersama di lokasi kegiatan.

“Keterampilan survival yang di lakukan satgas TMMD ini guna menjalin keakraban dengan warga agar tetap terjalin erat” sebut Pasi Ter Kodim 0319/Mentawai, Letda.inf.James Sibarani, Kamis (25/3/2021).

Dia menjelaskan, survival, dikenal sebagai dasar kemampuan untuk bertahan hidup di suatu lingkungan. Kemampuan survival biasanya dimiliki oleh para penggiat kegiatan alam bebas maupun para tentara di dunia sebagai kemampuan wajib setiap individu.

Dengan kondisi kegiatan berdekatan di pemukiman masyarakat, maka anggota satgas TMMD manfaatkan waktu masak bersama warga di kala waktu istirahat siang.

Keterampilan survival anggota Satgas TMMD ini di buktikan dengan kemampuan mengola bahan baku yang ada di sekitar lokasi kegiatan menjadi masakan yang siap disantap bersama warga.

Lebih jauh di jelaskan, survival di alam liar bisa jadi lebih mudah dibandingkan dengan survival di lingkungan modern. Di alam liar kita ‘hanya’ bertahan untuk dapat hidup dengan kondisi minimal agar tetap bisa bertahan hidup dengan memanfaatkan segala sesuatu yang diberikan oleh tuhan.

Tapi di lingkungan modern kita dituntut untuk bertahan dengan persaingan yang bisa dibilang keras. Di alam liar kita bisa makan apapun di sekitar kita asal mengerti mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak, tapi di lingkungan modern kita harus berjuang hanya untuk mendapatkan makanan.

“Anggota Satgas TMMD ini sudah biasa dengan keterampilan survival dalam kehidupan, jadi mereka akan mampu bertahan dengan kondisi buruk sekalipun,” ucap James Sibarani.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment