Akses Jalan di Bangun TNI Memberikan Manfaat Bagi Petani

MENTAWAI,infonusantara.net – Jalan baru yang di kerjakan personel TNI pada kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai dengan panjang 5000 meter di tambah 1000 meter (Over prestasi) sudah di rasakan masyarakat manfaatnya.

Kenapa tidak, seorang warga saat melintasi jalan baru itu terlihat pancaran wajah kebahagiaan yang dirasakannya dia salah seorang petani bernama Hendra warga Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara.

Kebahagiaan yang dirasakan itu, mereka tidak lagi sulit pergi ke ladang, biasanya mereka untuk sampai ke tujuan harus berputar dulu dengan proses waktu lama berjalan kaki, sekarang ini, karena jalan sudah selesai bisa menggunakan kendaraan.

Betapa senang masyarakat dengan kondisi jalan sudah siap yang di kerjakan TNI dalam kegiatan TMMD ini, sehingga akses transportasi juga sangat mempermudah warga melakukan mobilitas barang bawaan mereka.

Kebahagiaan itu tidak hanya di rasakan keluarga Hendra yang kesehariannya berprofesi sebagai petani itu, tapi juga di rasakan masyarakat Desa Bukit Pamewa lainnya.

Kita musti harus mensyukuri yang tidak ada menjadi ada, kenapa tidak, sebelumnya jalan tidak bisa di lalui kendaraan sekarang sudah bisa di lalui berkat dukungan TNI dalam percepatan pembangunan di kepulauan Mentawai.

Hendra yang sehari-hari bekerja sebagai petani saat di temui media, Minggu (4/4/2021), mengaku sangat senang sekali dengan adanya akses jalan baru yang sudah selesai di kerjakan satgas TMMD.

Dengan di bukanya jalan baru ini untuk melakukan akses tranportasi tidak sulit lagi, karena semua sudah bisa di lalui, kalau dulu hanya memiliki jalan setapak.

Selain itu adanya akses jalan baru ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, karena jalan tersebut merupakan jalan penghubung dari Desa Bukit Pamewa ke Desa Betumonga.

Kalau masih ada lanjutan pembukaan jalan baru yang diserahkan kepada satgas TMMD, menurut Hendra berkemungkinan hanya sedikit lagi bisa sampai di desa Betumonga untuk membuka jalan baru, sebutnya.

Hendra menyebut, setiap beraktivitas ke ladang sebelum jalan di buka, dirinya bersama keluarga menelusuri hutan belantara berjalan kaki hingga menuju lokasi, bahkan membutuhkan waktu lama.

Biasanya berangkat pagi pulang sudah sore menjelang magrib, tapi dengan adamya jalan baru ini dengan menggunakan kendaraan bisa di lakukan pulang pergi dengan waktu yang singkat, tidak lagi membutuhkan proses lama, kata dia.

“Kita sangat beruntung adanya jalan baru yang di buka satgas TMMD yang di pusatkan pengerjaannya di Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, sehingga saat ini bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, sebut Hendra

Keberuntungan lainnya, kata Hendra sudah bisa mengangkut hasil ladang dengan waktu yang tidak begitu lama hingga sampai dirumah, Bahkan pulang pun bisa siang hari.

Kami sekeluarga dan segenap masyarakat Desa Bukit Pamewa mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bekerja keras membuka jalan baru demi membantu kesulitan masyarakat, ucapnya.




Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment