Kapolres Baru Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono Gelar Silahturrahmi Bersama Awak Media

Kapolres Baru Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono Gelar Silahturrahmi Bersama Awak Media

INFONUSANTARA.NET
– Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono yang baru menjabat di Wilayah Hukum Polres Dharmasraya mengadakan Silitaturami dengan awak media televisi, cetak, di Aula Kolam Pancing Polres setempat, Rabu (07/07/2021) ikut juga hadir Waka Polres Kompol Alwi Askar SH, Kabag Ops Kompol Nasrul, para Kabag dan para Kasat di Lingkungan Polres Dharmasraya.

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono saat penyampaian di hadapan awak media televisi, cetak di daerah liputan Kabupaten Dharmasraya,dalam acara silaturahmi mengatakan, guna memperkuat penanganan covid-19, Polres Dharmasraya bentuk satgas dharma bakti sebagai komitmen kepolisian dalam membantu penanganan COVID-19 di daerah itu.

“Satgas ini nanti akan membantu petugas kesehatan jika COVID-19 ini sudah dalam kondisi darurat,” kata Kapolres AKBP Anggun Cahyono.

Ditambahkan kondisi penyebaran COVID-19 yang tidak dapat diprediksi. Maka lanjutnya, diperlukan langkah-langkah antisipasi jika dikemudian hari kondisinya semakin memburuk. Kita tidak menginginkan kondisi darurat seperti di Jawa-Bali terjadi di Dharmasraya, namun kita tetap l antisipasi.

Dari pihak Polres Dharmasraya bersama jajaran terus menyosialisasikan pola kehidupan baru di era COVID-19 kepada masyarakat seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengikuti program vaksinasi.

Kami berharap peran awak media dalam menyampaikan informasi yang mengedukasi masyarakat terkait COVID-19, serta informasi lainnya terkait Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibnas).

Dalam pada era keterbukaan Polri tentu membutuhkan peran awak media sebagai corong informasi dalam menyampaikan program kerja dan kegiatan kepolisian kepada masyarakat. “Polri terus berbuat untuk masyarakat sampai hari ini, kami juga tidak memungkiri masih ada kelemahan-kelemahan terjadi sehingga diperlukan komunikasi yang bagus antara polisi dan mitra, terutama dengan teman-teman wartawan,”ucap Kapolres AKBP Anggun Cahyono.

Pihaknya tak menapik, kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tampa adanya dukungan dari rekan media, dalam memberikan informasi yang positif kepada masyarakat, terlebih lagi terkait Prokes.

“Kami berharap kepada awak media televisi, cetak di daerah liputan Kabuapaten Dharmasraya, dapat menjadi corong informasi kepada masyarakat,”ucap AKBP Anggun Cahyono yang baru Minggu ini menjabat Kapolres Dharmasraya itu.

Di tempat yang sama Sekretaris PWI Dharmasraya, Yahya mengatakan, kami dari awak media siap bersinergi dengan polres dalam mencerdaskan masyarakat serta memberikan informasi yang mencerdaskan dan menolak pemberitaan yang bersifat Hoax.

Sesuai UU Pers dan nota kesepahaman Polri dan Dewan Pers, persoalan pers diselesaikan melalui mekanisme UU Pers, bukan KUHAP atau Pidana lainnya,kami  berharap, pihak kepolisian Polres Dharmasraya dapat memberikan perlindungan secara hukum pada awak media dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kontrol sosial.

Mengingat, lanjutnya tak jarang adanya intimidasi dan ancaman yang dihadapi oleh para awak media dalam menjalankan tugasnya.

“Kami tentu berharap kemitraan ini tidak sebatas dalam pemberitaan saja, tetapi bagaimana awak media dalam bekerja bebas dari intimidasi dan selalu mendapat perlindungan hukum dari pihak kepolisian,” ucap Sekretaris PWI Dharmasraya, Yahya (***)

Laporan: MsX

Leave a Comment