Masih Banyak Veteran yang Belum Tersentuh Pemerintah Bahkan Hidup Dibawah Garis Kemiskinan

INFONUSANTARA.NET — Pemerintah diharapkan lebih memberikan penghargaan yang layak kepada para veteran yang telah berjasa memperjuangkan bangsa Indonesia di masa lalu.

Hal itu dikatakan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumatera Barat Kolonel TNI (Purn) Amir Syarifuddin, Senin (9/8) terkait Hari Veteran dan menyongsong HUT RI ke 76 mendatang.

“Saya berharap pemerintah senantiasa konsisten untuk memberikan penghormatan yang pantas terhadap para veteran,” ujar Amir Syarifuddin, didampingi Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Sumbar Wahyu Iramana Putra dan Kepala Kanminvetcad I/27 Padang Mayor TNI (Armed) Bambang Hendratno.

Dikatakan, saat ini memang pemerintah sudah mulai memperhatikan nasib para veteran dengan memberikan penghargaan baik berupa uang maupun kebanggaan.

“Bagi veteran yang sudah diakui negara, sudah ada tunjangan dari negara. Hal itu sudah dimulai sejak Presiden SBY dan pada masa Presiden Jokowi kambali ditingkatkan 25 persen,” jelasnya.

Dikatakan, kenapa negara perlu hadir memberikan penghargaan kepada para veteran ini, karena merekalah yang memperjuangkan adanya negara ini dan mempertahankannya dari tangan penjajah bangsa asing.

“Mereka rela berjuang dan berkorban darah bahkan nyawa untuk memerdekakan negara ini. Tentunya hal itu perlu mendapat perhatian yang layak dar negara,” katanya.

Selain itu, dia berharap hendaknya harus ada pewarisan jiwa dan semangan nilai-nilai 45 kepada generasi muda yakni menumbuhkan rasa cinta tanah air, sanggup berkorban untuk tanah air serta sadar dalam berbangsa dan bernegara.

Senada dengan itu Ketua PPM Sumbar Wahyu Iramana Putra mengatakan, saat ini ternyata masih banyak veteran yang belum tersentuh oleh pemerintah, bahkan banyak yang hidup pas-pasan bahkan dibawah garis kemiskinan.

“Baru saja kami menemukan ada veteran yang tinggal jauh di kaki hutan, dengan jalan yang tidak layak tempuh dan tinggal sendirian. Ini tentu perlu segera menjadi perhatian kita semua,” katanya.

Dikatakan, PPM sebagai anak dari pejuang veteran selalu siap membantu pemerintah dalam mendata dan mencari para veteran yang belum terjangkau tersebut sehingga bisa mendapat perhatian pemerintah.

“Sebagai anak pejuang, wajib menghargai orang tua kami para veteran itu,” katanya.

Makanya dalam rangka Hari Veteran, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menyukseskan hari ulang tahun veteran itu.

Sementara Mayor Bambang Hendratno menyatakan saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terhadap keberadaan para veteran.”Syaratnya maksimal kelahiran 1936 dan ada dua orang saksi,” katanya.

Saat ini di Padang, terdata sebanyak 109 orang veteran. (Inf)

Leave a Comment